Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, semangat gotong royong warga untuk membangun Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), menjadi inspirasi.

"Itu menjadi inspirasi bagi seluruh wilayah nusantara bahwa kita melakukan ini dalam rangka kolaborasi," ujar Sandiaga, di Kawasan Pulo Sibandang, Kamis.

Menurut Sandiaga, kebersamaan warga Pulo Sibandang menjadi sebuah keunggulan yang membawa kebangkitan pariwisata di wilayah tersebut.

Adapun kawasan desa wisata Pulo Sibandang dibentuk oleh masyarakat yang ada di tiga desa di dalamnya, yaitu Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran.

Hasilnya, Pulo Sibandang terpilih masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kawasan desa wisata tersebut juga menjadi satu-satunya desa wisata di Sumut yang lolos dari 321 desa wisata yang mendaftar ke ADWI 2024.

"Fenomena kebersamaan dan gotong royong yang menjadi suatu keunggulan bahwa masyarakat di Pulo Sibandang bisa bersatu membangun daerahnya," kata Sandiaga.

Menparekraf menyebut bahwa Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang merupakan salah satu dari 16 situs warisan geologi (geosite) dari Toba UNESCO Global Caldera Geopark.

Pulo Sibandang memiliki kekayaan alam yang masih alami dan dikelilingi perairan Danau Toba, sehingga dapat memanjakan mata wisatawan.

Wisatawan pun dapat langsung melihat suburnya tanah di Pulau Sibandang sebagai hasil letusan Gunung Toba yang terakhir, sehingga tanahnya subur untuk ditanami tanaman seperti mangga udang merupakan mangga khas Pulo Sibandang.

Selain mangga, terdapat pula hasil kebun lainnya, seperti alpukat, kopi, jagung, kakao, kacang tanah, bawang merah dan ubi-ubian.

Sandiaga Uno pun berharap Pulo Sibandang mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai "world class tourism destination" (tujuan pariwisata kelas dunia, Red) yang berdaya saing global, berkelanjutan serta berkemampuan mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

"Pulo Sibandang ini bisa menjadi 'world class tourism destination' karena ini pabrik oksigennya Sumatera Utara. Jadi bagi pecinta Danau Toba, harus datang ke Pulo Sibandang," ujar Menparekraf.

Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing pun menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf atas arahan yang disampaikan dalam pengembangan Desa Wisata Pulo Sibandang.

"Semoga Pulo Sibandang ini juga bisa terus menginspirasi. Semoga Pulo Sibandang dan Tapanuli Utara bisa harum dan populer ke tingkat nasional," kata Dimposma.
Baca juga: Pemprov: Pulo Sibandang berpotensi jadi wisata unggulan di Danau Toba

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024