Jakarta (ANTARA) - Whatsapp tampaknya sedang mengerjakan fitur kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) generatif baru yang seharusnya memungkinkan pengguna untuk membuat Avatar pribadi yang dapat dipersonalisasi.

Fitur yang masih dalam pengembangan itu terlihat dalam WhatsApp Beta baru untuk Android 2.24.14.7 dan ditemukan oleh WABetaInfo.

Laporan The Verge, Kamis (4/7) mengungkap tampaknya Avatar itu akan menggunakan kombinasi gambar yang disediakan pengguna, permintaan teks, dan model AI Llama Meta untuk menghasilkan gambar.

Baca juga: Meta berencana bawa AI generatif ke gim metaverse miliknya

Baca juga: WhatsApp versi beta terbaru perkenalkan avatar animasi


Dengan menggunakan kata ajaib "Imagine" atau bayangkan, pengguna dapat meminta Meta AI untuk menghasilkan Avatar sesuai dengan latar yang diinginkan, sebagai contoh "bayangkan saya sedang di hutan" atau "bayangkan saya sedang di luar angkasa".

Bermodalkan foto diri pengguna dan perintah tersebut, nantinya Meta AI akan menampilkan Avatar diri pengguna dengan latar-latar tersebut.

Hasilnya kurang lebih akan seperti hasil dari fitur swafoto Lensa AI atau Snapchat.

Untuk membuat Avatar yang dipersonalisasi, pengguna WhatsApp perlu "mengambil foto diri Anda sekali" yang kemudian akan digunakan untuk melatih Meta AI untuk menghasilkan gambar dalam rupa pengguna dalam pengaturan latar apa pun.

Pengguna WhatsApp kemudian akan dapat menghasilkan Avatar mereka dengan mengetik "Bayangkan saya" dengan deskripsi pengaturan di obrolan Meta AI, atau dalam percakapan WhatsApp lainnya dengan mengetik "@Meta AI bayangkan saya ... "

Fitur ini dilaporkan akan tersedia secara opsional, dan akan mengharuskan pengguna untuk mengaktifkannya secara manual di pengaturan WhatsApp sebelum dapat digunakan.

WABetaInfo juga mengatakan bahwa gambar referensi dapat dihapus kapan saja melalui pengaturan Meta AI.

Tidak ada indikasi kapan fitur selfie Imagine AI baru akan tersedia secara umum.

WhatsApp masih meluncurkan dukungan untuk chatbot Meta AI-nya, di samping layanan menciptakan gambar AI real-time.

Jadi mungkin perlu beberapa saat sebelum fitur avatar AI baru diluncurkan. Meta akan benar untuk mengambil pendekatan yang lebih hati-hati mengingat masalah yang terlihat dengan alat AI generatif sebelumnya.

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur avatar bergerak

Baca juga: Meta disebut kerjakan "earbuds" dengan kamera yang dilengkapi AI

Baca juga: WhatsApp hadirkan "caption" dokumen hingga kirim 100 "file" media


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024