Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni mengatakan bahwa kepemimpinan Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala OIKN mempunyai tiga aspek keunggulan.

"Setidaknya ada tiga alasan mengapa Presiden Jokowi  mempercayakan visi besar Indonesia kepada Basuki atau akrab disapa Pak Bas," kata Raja dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurutnya tiga alasan sehingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercayakan Basuki sebagai Plt Kepala OIKN. Pertama, Basuki Hadimuljono yang juga merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), adalah seorang pembelajar yang sangat cepat.

“Dalam waktu singkat, beliau mampu mengidentifikasi, memetakan, dan memformulasikan solusi terhadap persoalan yang ada,” ujar Raja.

Baca juga: OIKN optimistis pelaksanaan upacara HUT Ke-79 RI di IKN berjalan baik

Kedua, lanjut Raja menjelaskan, Pak Bas adalah pendengar yang baik, dan selalu bersedia mendengarkan seluruh keluh kesah dan masalah.

“Beliau mencatatnya dan berdiskusi dengan sangat humanis tanpa ada batasan antara atasan dan bawahan,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Raja Juli yang juga merupakan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) itu menambahkan, Pak Bas selalu berorientasi pada langkah solutif.

Menurutnya, tiga aspek tersebut membuat Basuki diangkat sebagai Plt Kepala Otorita IKN pada 3 Juni 2024.

“Meski memiliki gelar doktor, beliau sangat menikmati diskusi. Namun sebagai pembuat kebijakan, beliau menyadari keputusan harus diambil, dijalankan dan dihasilkan. Orientasinya pada penyelesaian masalah, mendorong yang macet dan mengurai yang kusut,” ungkap Raja Juli.

Baca juga: OIKN buka peluang investasi dari Korea Selatan untuk pengembangan IKN

Dengan pola kepemimpinan Pak Bas, Raja optimistis rencana pembangunan IKN berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan, pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 akan berjalan dengan baik.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024