Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjajakan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal pada Indonesia Maju Expo dan Forum yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kegiatan yang digagas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri tersebu digelar Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) selama empat hari pada 4-7 Juli 2024.

"Kita harapkan keikutsertaan tersebut bisa lebih memperkenalkan produk lokal daerah ke tingkat nasional," kata Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono saat dikonfirmasi di Kandangan, Kabupaten HSS, Jumat.

Sudiono hadir bersama Kepala Kesbangpol Kabupaten HSS Eko Harjidi Putra dan Kepala Disnakerkop UKMP Kabupaten HSS Siti Erma pada pameran Kemendagri tersebut.

Dijelaskan dia, seluruh produk yang ditampilkan dari hasil UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Dekranasda Kabupaten HSS tidak kalah bersaing dengan produk lain dari luar Provinsi Kalsel.

Sudiono mengatakan, pameran tersebut menjadi momentum untuk bisa berkiprah pada tingkat nasional dan menampilkan hasil karya daerah di Kabupaten HSS sehingga bisa dikenal lebih luas.

Dinas Perdagangan Kabupaten HSS menampilkan beberapa produk khas, antara lain kain sasirangan, serta kerajinan tangan berupa miniatur bangunan, aneka kuliner, Dan sirup kayu manis.

Selain Kabupaten HSS, kota/kabupaten dari Provinsi Kalsel yang ikut Indonesia Maju Expo 2024, yakni Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tanah Laut.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Togap Simangunsong mengatakan Expo Forum 2024 mendukung secara strategis pemulihan ekonomi, dan mendorong iklim perekonomian ekspor.

Selain itu, expo juga untuk membuka akses informasi serta sarana promosi potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Jadi ini adalah salah satu bagian daripada ketahanan ekonomi, sosial, dan budaya,” kata Togap.

Togap mengungkapkan sekitar 100 peserta yang mengikuti expo berasal dari berbagai sektor, seperti kementerian dan lembaga pemerintah, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, lembaga non-pemerintahan, asosiasi, serta pelaku UMKM.

Selain pameran, kegiatan tersebut dirangkai Procurement Network Forum, seminar bisnis online dari Omsang, Digital Marketing Class, Talkshow terkait ekspor dan penyakit jantung, Lomba Tari Daerah.

Selanjutnya, Fashion Culture,Festival Sambal Nusantara, Atraksi K9 Badan Narkotika Nasional (BNN), dan ceramah Ustadz Hanan Attaki bertajuk “Cinta, Etika, dan Ekonomi Halal Menginspirasi Bisnis yang Berkah Untuk Indonesia Maju Expo 2024".

Baca juga: Kemendagri gelar Indonesia Maju Expo promosikan produk unggulan daerah
Baca juga: Bank Kalsel-Pemkab HSS luncurkan pinjaman tanpa bunga bagi UMKM
Baca juga: Pemkab HSS fasilitasi UMKM melalui wisata kampung kuliner

Pewarta: Taufik Ridwan/Fathurrahman
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024