Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil menyabet penghargaan Asia’s Best CSR dalam kegiatan 14th Asian Excellence Award 2024.

Ajang 14th Asian Excellence Award 2024 sendiri merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia, sebuah majalah yang diterbitkan oleh New Initiative Media Ltd.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn menilai, capaian dalam acara tersebut tidak terlepas dari adanya program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) inklusif Bakti BCA.

“Program Bakti BCA sendiri berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dari mulai skala individu, masyarakat, dan ekosistem. BCA percaya bahwa individu yang berdaya dapat memberdayakan komunitasnya, dan komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus yang saling berpengaruh,” kata Hera dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Hera menjelaskan, program Bakti BCA mencakup beberapa aspek, yakni kesehatan (Bakti Kesehatan), pendidikan (Bakti Pendidikan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Bakti UMKM & Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti Lingkungan).

“Kami berkomitmen untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Melalui program Bakti BCA, kami secara konsisten berinovasi untuk menciptakan solusi yang efektif dan relevan guna menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat dan lingkungan,” ujarnya.

Dalam rangka memperkuat jejak bakti perusahaan untuk membangun Indonesia, perseroan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA pada April 2024 lalu.

Kampanye tersebut mengomunikasikan berbagai program pengembangan berkelanjutan dari Bakti BCA, sekaligus mengajak seluruh pihak untuk turut berkontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Selama enam bulan terakhir, kampanye tersebut mencakup beberapa kegiatan berikut.

Sepanjang semester I-2024, BCA telah melaksanakan edukasi literasi keuangan dari barat hingga timur Indonesia, yang dihadiri oleh lebih dari 20.000 peserta. BCA juga memberikan Beasiswa Bakti BCA 2024 bagi 700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk meningkatkan pendidikan tingkat sekolah, BCA menambah 4 sekolah binaan baru yang tersebar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Bengkulu, Soe (Nusa Tenggara Timur), dan Sorong (Papua Barat).

“Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Bakti BCA menggelar program BCA Berbagi Ilmu yang diinisiasi oleh rangkaian kuliah umum untuk lebih dari 3.300 mahasiswa di lima perguruan tinggi, dan disampaikan langsung oleh direksi BCA,” jelas Hera.

Kemudian, perseroan juga berkontribusi pada aspek kesehatan masyarakat. Sepanjang semester I-2024, BCA telah melaksanakan berbagai program seperti kegiatan donor darah, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 1.200 kantong darah. Lalu, kegiatan Operasi Katarak gratis untuk hampir 200 pasien dan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan; RSUD Pasangkayu, Sulawesi Barat; dan RSUD Bengkulu Tengah.

Selain itu, BCA memberikan bantuan biaya pengobatan bagi lebih dari 6.800 orang di Klinik Binaan Bakti BCA. Donasi senilai Rp8 miliar untuk program dalam Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia (PASTI).

Hera menambahkan, perseroan juga telah memberikan berbagai bantuan untuk aspek lainnya seperti UMKM, budaya, hingga lingkungan.

Baca juga: Kilang Sungai Pakning kembangkan eduwisata lebah madu hutan gambut
Baca juga: Pertamina kembangkan pembangkit hibrida di Dusun Bondan Cilacap
Baca juga: Perkuat inovasi CSR, PLN EPI raih penghargaan TOP CSR Awards 2024

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024