Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengingatkan Indonesia masih menghadapi tantangan tiga krisis global termasuk perubahan iklim dan untuk mengatasinya perlu langkah nyata dalam partisipasi publik.

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Jakarta, Jumat, menyampaikan bahwa tema tahun global untuk peringatan tahun ini adalah "Restorasi Lahan, Desertifikasi dan Ketahanan Menghadapi Kekeringan" atau "Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience".

"Tema yang dimaksud dilatarbelakangi kondisi yang dialami saat ini seperti yang selalu disampaikan oleh Yang Terhormat Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden pada berbagai kesempatan akan tantangan tiga krisis global yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati dan penipisan sumber daya alam serta polusi," kata Siti.

Menghadapi ketiga tantangan utama tersebut, Siti menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, yang dimulai pada 5 Juni lalu, berfokus pada upaya peningkatan dan penguatan partisipasi masyarakat serta memastikan atensi terus diberikan kepada upaya pelestarian lingkungan.

"Dalam merespons isu-isu lingkungan dengan tindakan nyata selain penguatan kebijakan dan langkah korektif," tutur Siti dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tersebut.

Kegiatan yang diadakan KLHK sendiri dilakukan di seluruh Indonesia, untuk memastikan partisipasi yang merata dari seluruh wilayah Tanah Air. Dia mengatakan kegiatan-kegiatan itu dimaksudkan untuk memperkuat kebijakan dan langkah operasional aksi pelestarian lingkungan dan aksi iklim serta memastikan konsistensi kerja-kerja di akar rumput.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa untuk menyelesaikan krisis iklim membutuhkan prinsip keadilan yang disertai dengan inovasi.

"Dengan tetap mengedepankan prinsip inklusivitas, keadilan dalam satu generasi, dan keadilan antar-generasi," kata Wapres.

Baca juga: Wapres: Atasi krisis iklim harus dengan inovasi dan prinsip keadilan
Baca juga: Menteri LHK soroti partisipasi publik di puncak Hari Lingkungan Hidup
Baca juga: Wapres: Kembangkan teknologi energi terbarukan atasi perubahan iklim


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2024