Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan festival bunga dan buah di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara merupakan festival terbaik tingkat nasional.

"Alasannya karena acara ini meningkatkan sumber daya daerah berupa bunga dan buah, menggeliatkan ekonomi," ujar Sandiaga di Berastagi, Jumat.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, festival bunga dan buah di Karo ini juga dikemas cukup unik dari sisi kurasi dan presentasi dalam kegiatan tersebut.

Untuk itu, dia menyatakan kegiatan yang masuk agenda Karisma Event Nusantara (KEN) tersebut harus ditingkatkan yang lebih baik lagi pada tahun depan.

"Sehingga bukan hanya dikunjungi wisatawan lokal, nasional saja melainkan mancanegara juga," kata Sandiaga.

Dia juga melihat kegiatan festival bunga dan buah tersebut juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat karena banyak UMKM yang terlibat.

"Nanti harus ada hilirisasi juga, harus diciptakan produk berkualitas bukan hanya dikonsumsi di Karo tapi bisa di ekspor ke luar negeri," tutur Sandiaga.

Berbagai acara yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Karo, seperti parade mobil hias dengan menonjolkan hasil alam Karo, melibatkan pemangku kepentingan maupun perusahaan, kreasi anak sekolah, "fashion show", hiburan rakyat, dan mengundang grup band nasional.

Pemkab Karo menargetkan 80.000 sampai 90.000 wisatawan hadir di acara festival bunga dan buah, di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo pada 4-6 Juli 2024.

Baca juga: Pj Gubernur:Festival Bunga dan Buah tingkatkan perekonomian masyarakat
Baca juga: Bupati Karo: Festival bunga dan buah tingkatkan jumlah wisatawan
Baca juga: IPB University gelar festival Bunga dan Buah Nusantara

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024