Jakarta (ANTARA) - AirAsia menginformasikan akan melakukan perbaikan sistem reservasi dan pengelolaan penumpang pada 10-11 Juli 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemesanan.

"AirAsia selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpangnya sehingga perbaikan sistem secara teratur tentunya harus dilakukan demi kelancaran pelayanan serta memenuhi kebutuhan para penumpang yang terus berkembang," kata Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Perbaikan itu dilakukan selama 8 jam mulai pukul 18:00 (GMT+7) pada 10 Juli 2024 hingga pukul 02:00 (GMT+7) pada 11 Juli 2024.

Selama periode itu, AirAsia mengumumkan pemesanan penerbangan, pengelolaan pemesanan, web check-in, pemesanan penerbangan dan hotel, penerbitan dan penukaran poin AirAsia Rewards, proses pembayaran untuk pemesanan yang sudah ada, serta pembelian paket tambahan, termasuk online duty-free tidak akan tersedia.

Sementara itu, semua layanan lain di aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) dan airasia.com seperti layanan yang tidak terkait dengan penerbangan AirAsia tidak akan terpengaruh.

Selanjutnya, selama periode tersebut, AirAsia menyarankan semua calon penumpang untuk mengambil langkah-langkah berikut guna memastikan perjalanan berjalan lancar.

Pertama, check-in mandiri sebelum penerbangan. Semua penumpang, termasuk pemesanan grup dan penerbangan lanjutan pada 10 dan 11 Juli 2024 disarankan untuk melakukan check-in mandiri melalui aplikasi AirAsia MOVE yang sudah tersedia atau maksimal 14 hari sebelum waktu keberangkatan yang telah dijadwalkan.

Kedua, tiba lebih awal. Semua penumpang, terutama yang memiliki pemesanan grup, mobilitas terbatas, dan berkebutuhan khusus diharapkan tiba di bandara setidaknya tiga jam lebih awal dari waktu keberangkatan yang telah dijadwalkan untuk menyelesaikan seluruh proses perjalanan.

Layanan check-in di konter dan kios serta penyerahan bagasi di seluruh bandara tempat AirAsia beroperasi akan terpengaruh oleh peningkatan sistem tersebut.

Ketiga, gunakan e-boarding pass. Unduh e-boarding pass dari aplikasi AirAsia MOVE dan simpan pada dompet digital atau ponsel untuk mempermudah proses naik pesawat (boarding) tanpa perlu mencetak ulang tiket di bandara.

Keempat, perbarui detil kontak. Penumpang yang terpengaruh selama periode perbaikan sistem akan diberitahu melalui email dan pesan teks SMS. Pastikan detil kontak selalu diperbarui untuk menerima notifikasi terkini mengenai status penerbangan AirAsia.

Baca juga: Gubernur : AirAsia buka rute penerbangan internasional ke Labuan Bajo
Baca juga: AirAsia terpilih sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik versi Skytrax

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024