Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan penyelesaian sarana dan prasarana untuk mendukung suksesnya Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-30 pada akhir Juli 2024.

Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Senin, menjelaskan, Pemprov Kaltim menargetkan sebelum ekspos di hadapan seluruh Ketua LPTQ se-Indonesia maupun LPTQ Pusat venue yang disiapkan sudah selesai semua, kecuali Hotel Atlet.

"Kita berharap pada saat ekspos MTQN pada 30 Juli 2024 semua venue sudah selesai. Artinya, ketika ekspos nanti, seluruh Ketua LPTQ se-Indonesia maupun panitia pusat bisa melihat persiapan Kaltim," ucap Sri Wahyuni usai meninjau kesiapan Gelora Kadrie Oening Samarinda.

Menurut Sri, ekspos tersebut akan digelar bersamaan dengan penutupan East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) yang dipusatkan di Gelora Kadrie Oening Samarinda.

Baca juga: Sekda Kaltim sampaikan progres persiapan pelaksanaan MTQ Nasional 2024

"Jadi, mereka juga akan melihat langsung bagaimana kondisi persiapan Kaltim untuk menyukseskan MTQN XXX. Karena itu, kita juga akan ajak mereka ikut penutupan EBIFF, sembari mereka melihat venue yang disiapkan," jelasnya.

"Yang jelas akhir Juli ini semua venue selesai. Hanya hotel atlet saja yang ditargetkan Agustus baru selesai," tegasnya.

Diketahui, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 Tahun 2024 bakal digelar di dua tempat, yakni Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembukaan MTQ ke-30 rencananya akan dilaksanakan pada 8 September 2024 mendatang di dua lokasi secara bersamaan. Yakni di Kota Samarinda (Kaltim) dan di IKN. Acara pembukaan tersebut, akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di IKN.

Sementara untuk pelaksanaan lomba-lomba, rencananya akan dipusatkan di Kota Samarinda. Seluruh rangkaian MTQ Nasional sendiri akan berlangsung selama 10 hari. Yakni pada 6 hingga 16 September 2024. Tak kurang sebanyak 6 ribu partisipan diperkirakan bakal hadir di event akbar nasional tersebut.

Baca juga: IHGMA Kaltim siapkan ribuan kamar untuk kafilah MTQN 2024

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024