Jakarta (ANTARA) - Craig Bellamy ditunjuk sebagai pelatih kepala baru untuk tim nasional Wales dengan ikatan kontrak sampai 2028, demikian diumumkan Federasi Sepak Bola Wales (FAW), Selasa.

Bellamy menggantikan Rob Page yang dipecat setelah Wales gagal lolos ke Piala Eropa 2024.

Pada musim lalu mantan penyerang Liverpool dan Newcastle United itu berkarier sebagai asisten manajer Vincent Kompany di Burnley. Klub tersebut mengakhiri musim 2023/2024 dengan terdegradasi dari strata tertinggi kompetisi sepak bola Inggris.

“Saya akan berkomitmen penuh untuk mengembangkan tim ini dan saya sangat bertekad membawa kesuksesan yang berlanjut kepada sepak bola Wales,” kata Bellamy seperti dikutip dari laman resmi FAW.

“Saya tidak sabar untuk memulainya dengan pertandingan-pertandingan Nations League kami pada September,” tambahnya.

Kepala Departemen Sepak Bola FAW David Adams berkata, “Saya tentu saja senang mengumumkan Craig sebagai pelatih kepala kami yang baru. Kami menjalani proses perekrutan yang sangat lengkap untuk pelatih kepala timnas kami yang baru, dan Craig merupakan kandidat yang menonjol.”

Baca juga: Korsel tunjuk Hong Myung-bo sebagai pelatih timnas yang baru

Sementara itu, Page memimpin Wales tampil di putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam rentang wakru 64 tahun pada 2022, dan menuju putaran kedua Piala Eropa 2020. Meski demikian, Wales gagal mencapai putaran final Piala Eropa tahun ini setelah kalah adu penalti dari Polandia pada playoff.

Namun ia dianggap bertanggung jawab terhadap salah satu hasil paling memalukan sepanjang sejarah sepak bola Wales, yakni ketika mereka ditahan imbang 0-0 oleh Gibraltar pada pertandingan persahabatan dan kemudian menyerah 0-4 dari Slovakia.

Pertandingan Wales selanjutnya adalah laga pembukaan Nations League mereka, melawan Turki pada 6 September, kemudian melawat ke Montonegro tiga hari kemudian.

Baca juga: Pekerjaan besar Nagelsmann bangun tim Panser untuk Piala Dunia 2026
Baca juga: Pelatih Ekuador dipecat usai disingkirkan Argentina di Copa America


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024