Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, Sp.OT(K), FICS, menyarankan pasien melakukan operasi sendi lutut demi kesejahteraan hidupnya dan memperbanyak informasi mengenai manfaat tindakan tersebut.

“(Orang) Indonesia kadang takut operasi, pasien menunggu sampai akhirnya nggak bisa jalan, jadi (penyembuhan) jauh lebih susah. Dia takut karena dapat informasi nggak benar. Kembali lagi berikan informasi yang benar dan baik, kasihan pasiennya,” kata Nicolaas, seorang Guru Besar Kehormatan Bidang Kedokteran Universitas Airlangga, dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Dokter yang juga dosen tamu di Program Studi Fisioterapi Universitas Airlangga itu mengatakan perkembangan teknologi operasi sendi lutut kini jauh lebih canggih dan tidak menimbulkan rasa sakit yang lama, misalnya dengan bantuan robot sehingga durasi operasi lebih singkat dan waktu pemulihan lebih cepat. Dia mencontohkan dengan bantuan robot, pemulihan operasi sendi lutut adalah dalam dua hari, jauh lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional yang bisa memakan waktu beberapa minggu.

Operasi dengan bantuan robot juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi  dan minim rasa sakit. Tindakan operasi bisa mengembalikan fungsi lutut seperti sebelum sakit.

Baca juga: Operasi lutut bukan hanya dari usia tapi derajat kerusakan sendi

Kebutuhan operasi lutut bergantung kepada derajat keparahan yang dialami pasien. Pada tingkat satu, pasien akan diberikan obat untuk mencegah penyakit naik ke tingkat selanjutnya.

Jika sudah masuk tingkat kedua, maka pasien perlu diberi suntikan agar derajat keparahan tidak meningkat. Jika gangguan sudah masuk tingkatan ketiga, dokter akan melakukan pembersihan sendi.

Jika sudah sampai tingkat keparahan empat, maka pasien harus menjalani operasi penggantian sendi lutut.

Nicolaas meminta masyarakat untuk banyak bergerak dan terkena sinar matahari agar kesehatan tulang dan sendi terjaga. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Baca juga: Lutut kaku saat bangun tidur, waspada pengapuran sendi

Baca juga: RS di Selangor gunakan robot dalam operasi penggantian sendi

Baca juga: Noel Gallagher akan jalani operasi lutut akibat idap arthritis

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024