Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin pencak silat masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang ada di Olimpiade pada masa depan.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, ia membeberkan Indonesia ingin memanfaatkan ajang internasional prestisius empat tahunan itu untuk lebih mengenalkan pencak silat ke panggung dunia, sehingga demonstrasi olahraga tersebut pada Olimpiade Paris 2024 harus dipersiapkan dengan matang.
 
"Semua harus serius, agar nantinya pencak silat ini bisa jadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade," kata Dito dalam rapat koordinasi terkait rencana pelaksanaan demonstrasi pencak silat saat perhelatan Olimpiade pada 26 Juli - 11 Agustus.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, pemerintah ingin mendatangkan perwakilan negara-negara lain untuk bisa hadir dalam acara demonstrasi pencak silat tersebut.
 
Oleh sebab itu, perlu adanya kolaborasi dengan kementerian/lembaga hingga pemangku kepentingan olahraga lainnya, guna mewujudkan rencana itu.
 
"Butuh dukungan berbagai pihak agar negara-negara lain bisa hadir nanti, termasuk Presiden IOC (International Olympic Committee) Thomas Bach," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Baca juga: Tim pencak silat Indonesia raih empat emas dan satu perak di AUG 2024

Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Benny Gautama Sumarsono optimistis bila demonstrasi pencak silat akan sukses dan lancar.
 
Dia berharap suatu saat pencak silat benar-benar menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade.
 
"Kami akan memperkenalkan pencak silat di Olimpiade (Paris) nanti melalui acara demonstrasi silat. IPSI secara bersama-sama akan turut mempersiapkannya dengan segera dan berencana mengundang negara-negara lain termasuk juga National Olympic Committee (NOC) dari berbagai negara," kata dia.
 
Sementara itu, dalam rapat koordinasi tersebut turut hadir Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris Anindya Novyan Bakrie, dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Menpora nyatakan kesiapan RI jadi tuan rumah kejuaraan dunia 2025
Baca juga: Menpora dukung AOKI kembangkan "sport tourism" di Indonesia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024