Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI AU dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) kembali menggelar latihan bersama untuk memperkuat hubungan bilateral dan pertahanan udara.

"Ini merupakan latihan Manyar Indopura ke-19 yang diharapkan dapat membangun dan mengembangkan ikatan yang lebih kuat antara kedua angkatan udara," kata Komandan Wing Udara 4 sekaligus Direktur Latihan (Dirlat) dari pihak TNI AU, Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Rabu.

Baca juga: KSAU bahas kerja sama militer dengan angkatan udara Turki

Asep menjelaskan pembukaan latihan bersama ini telah dilakukan di Lobi Lantai 2 Gedung VIP Pandawa, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (8/7).

Menurut Asep, latihan Manyar Indopura ke-19 ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan prajurit dalam menjelajah segala medan.

Tidak hanya itu, latihan ini juga membuat para prajurit semakin mengenali karakteristik alutsista yang mereka gunakan dalam menjalankan tugas.

Dia meyakini latihan tersebut akan meningkatkan kemampuan para prajurit TNI AU dalam menjalankan misi untuk mempertahankan teritorial udara Indonesia.

Baca juga: KSAU sambangi Prancis pelajari teknis pesawat tempur Rafale

Dalam latihan yang dilakukan dari 8 - 19 Juli 2024 ini, kata Asep, kedua belah pihak akan melakukan beragam kegiatan seperti latihan manuver kemampuan SAR dan penggunaan persenjataan helikopter H225M/Caracal.

Dia mengatakan pihak TNI AU akan mengerahkan TNI AU mengerahkan helikopter H225 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Dengan adanya kegiatan ini, Asep berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura semakin terjalin dan kemampuan militer ke dua negara pun semakin meningkat.

Baca juga: Dua perwira Kopasgat ikut ajang pertukaran ilmu pertahanan di Amerika
Baca juga: TNI AU pastikan mesin AVR berfungsi untuk bantu perkuat pertahanan IKN

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024