Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menyebut bahwa para atlet yang akan mengikuti Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli sampai 11 Agustus nanti adalah para penjaga bendera Merah Putih.

Ia membeberkan, sebanyak 29 atlet Indonesia yang berlaga dalam ajang olahraga multi event paling bergengsi di dunia itu, merupakan pejuang yang berusaha untuk menjaga agar bendera Merah Putih bisa berkibar di hadapan dunia, sehingga seluruh elemen masyarakat maupun pemangku kepentingan di Indonesia harus mendukung perjuangan mereka.

"Mereka itu penjaga Merah Putih yang berusaha membuat bendera negara berkibar di hadapan dunia, oleh sebab itu saya mendoakan mereka mendapatkan hasil terbaik," kata Oktohari kepada ANTARA usai mengikuti kegiatan Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut dia membeberkan, setiap atlet yang akan bertanding nanti telah melewati fase yang berat untuk bisa tampil.

Mulai dari persiapan latihan fisik, mental, hingga mengikuti rangkaian pertandingan Kualifikasi Olimpiade.

"Mereka berjuang atas nama Indonesia, sehingga dengan doa dari seluruh rakyat Indonesia saya yakini mereka akan pulang dengan membawa medali yang banyak," ujar dia.

Dia mengungkapkan, selama ini KOI senantiasa menyertai setiap langkah perjuangan mereka dan selalu berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan para atlet, pelatih maupun ofisial.

Baca juga: Menpora mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024
 
Ketum KOI Raja Sapta Oktohari (kelima kanan) dalam kegiatan Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Auditorium Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/7/2024). ANTARA/Donny Aditra
 
Oleh karena itu, dirinya berharap, apapun tekanan yang akan dihadapi para atlet untuk meraih medali, bisa dilalui dengan tenang dan bertanding dengan semangat juang yang tinggi.

Total 29 atlet yang berangkat ke Paris, Prancis, terbagi dari 12 cabang olahraga, di antaranya bulu tangkis, panjat tebing, angkat besi, akuatik, senam, dan judo.

Sebanyak 29 atlet itu, terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade yang lalu. Sedangkan total keseluruhan dalam kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.

Kontingen Indonesia akan berangkat pada 13 Juli mendatang. Namun, khusus olahraga renang, dua atletnya akan berangkat pada 22 Juli.

Sebelum berlaga di Olimpiade, sebagian atlet juga akan mengikuti pemusatan latihan nasional (TC) di luar negeri.

Baca juga: Anindya: Tim medis siap dukung perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade

Baca juga: Persiapan peselancar Bali Rio Waida berlaga di Olimpiade 2024

Baca juga: Zohri sebut lebih nyaman gunakan teknik lama saat Olimpiade Paris

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024