Jakarta (ANTARA) - Fitur speedometer yang dihadirkan aplikasi penunjuk jalan Google Maps untuk Android sejak tahun 2019 kini telah hadir di iOS dan CarPlay.

Dilansir dari Engadget pada Rabu, Google telah mengonfirmasi peluncuran fitur speedometer Google Maps di sistem operasi tersebut.

Dengan begitu, kini pengguna iPhone dapat mengetahui kecepatan kendaraannya saat sedang mengemudi sambil menggunakan Google Maps.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa membuka Pengaturan lalu pilih Navigasi. Setelah itu, scroll sampai menemukan opsi Tampilan Peta lalu aktifkan speedometer.

Baca juga: Google kembangkan fitur Maps lebih seru dengan konten AR

Baca juga: Google Maps tingkatkan akurasi arah untuk pengguna Android


Apabila aktif, speedometer dapat dilihat di pojok kiri bawah layar dengan bentuk lingkaran. Apabila Anda mengemudi melampaui batas kecepatan, indikator kecepatan ini akan berubah warna untuk memperingatkan pengguna agar memperlambat kendaraan.

Google mengatakan bahwa fitur pengukur kecepatan ini hanya diperuntukkan sebagai keperluan informasi. Google juga mengingatkan agar tetap menjadikan speedometer pada kendaraan sebagai patokan utama karena bisa jadi kecepatan yang ditampilkan di Google Maps berbeda kecepatan aktual pengemudi.

Fitur ini dilaporkan sudah digunakan oleh pengguna iPhone di India dan Google segera meluncurkannya ke seluruh dunia dalam beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Google Maps kini bisa dipasangkan speedometer

Baca juga: Google Maps perkenalkan fitur AI generatif bantu temukan tempat baru

Baca juga: Google hentikan pengumpulan data lokasi pengguna Maps terkait privasi

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024