Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjamu delegasi Board of Audit and Inspection (BAI) Korea yang hadir untuk memperkuat kerja sama bilateral melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman tentang pemeriksaan BPK pada organisasi internasional

Pertemuan tersebut menegaskan komitmen kuat kedua institusi untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan sektor publik di negara masing-masing.

”Saya mengapresiasi kerja sama bilateral antara BPK dan BAI yang telah terjalin sejak tahun 2014 dalam bidang pemeriksaan sektor publik," ujar Ketua BPK Isma Yatun di Kantor Pusat BPK dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan ini, dia mengapresiasi atas hubungan bilateral kedua institusi yang telah terjalin sejak tahun 2014, serta dukungan BAI melalui program pelatihan bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif membagikan pengetahuan tentang pengalaman BPK dalam pemeriksaan pada organisasi internasional yang telah berlangsung sejak tahun 2015.

Baca juga: BPK temukan masalah pengelolaan BMN pada LK Kementerian BUMN

Baca juga: BPK temukan masalah cukup signifikan dalam LK BRIN tahun 2023


Dia menyatakan bahwa keterlibatan BPK pada organisasi internasional ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan BPK di tingkat nasional dan internasional.

“Saat ini, BPK merupakan eksternal auditor pada International Maritime Organization (IMO), Inter-Parliamentary Unit (IPU), dan Coral Triangle Initiative for Corals, Fisheries and Food Security (CTI-CFF),” ucap Bahtiar.

Kunjungan BAI Korea ke BPK diakhiri dengan jamuan dan  ramah tamah bersama Wakil Ketua BPK Hendra Susanto, lalu dilanjutkan dengan office tour untuk mengenalkan beberapa fasilitas yang menunjang pemeriksaan BPK.

“Kunjungan tingkat tinggi ini diharapkan menjadi tonggak peningkatan hubungan dan kerja sama BPK dengan BAI Korea, serta mendorong tata kelola yang baik, tidak hanya bagi Indonesia dan Korea, tetapi juga bagi wilayah Asia dan dunia secara luas,” kata Hendra.

Delegasi BAI dipimpin oleh Commissioner KIM Young-Shin yang didampingi Director for External Audit of International Organization CHO Yangchan, Secretary to the Commissioner LEE Gyeonguk, dan Secondee BAI untuk Secondment Program on Auditing International Organization di BPK KIM Sujin.

Baca juga: BPK temukan masalah pengelolaan piutang pada satker BLU Kemensetneg

Baca juga: GMNB minta Kapolri hingga KPK kawal ketat seleksi calon anggota BPK


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024