Washington (ANTARA) - Sebuah komunike NATO yang sangat dinantikan, menggambarkan jalan Ukraina untuk bergabung dengan aliansi transatlantik yang beranggotakan 32 negara itu sebagai "tidak terbendung", Rabu (10/7). 

Komunike itu selanjutnya mendesak China mengakhiri bantuan terhadap perang Rusia di tetangga Eropa Timur-nya. Sekutu NATO telah membahas pemberian jaminan yang mereka sebut sebagai "jembatan" menuju keanggotaan Ukraina ketika para pemimpin berkumpul untuk pertemuan puncak (KTT NATO) yang sedang berlangsung.

Deklarasi mereka juga mengatakan keputusan yang diambil selama pertemuan dan Dewan NATO-Ukraina, yang akan bersidang pada Kamis, menyediakan platform tersebut.

Dikatakan bahwa Kiev telah membuat "kemajuan konkret" dalam serangkaian reformasi demokratis, politik, dan militer yang perlu diselesaikan untuk keanggotaan dan menawarkan bahasa yang paling konkret hingga saat ini bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan aliansi meskipun ada ancaman Rusia terhadap perluasan tersebut.

"Masa depan Ukraina ada di NATO," kata pernyataan itu.

"Ketika Ukraina melanjutkan pekerjaan penting ini, kami akan terus mendukungnya dalam jalur yang tidak dapat dibendung menuju integrasi penuh Euro-Atlantik, termasuk keanggotaan NATO."

Komunike tersebut menyoroti Rusia, dengan mengatakan bahwa Kremlin "masih menjadi ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan Sekutu."

Invasi yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun ke Ukraina, kata dokumen itu, "telah menghancurkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Euro-Atlantik dan sangat merusak keamanan global."

Sekutu NATO berjanji untuk memberikan dana sebesar lebih dari 43 miliar dolar (Rp696 triliun) kepada Ukraina pada tahun depan dan berjanji untuk "memberikan bantuan keamanan yang berkelanjutan agar Ukraina bisa menang."

Aliansi tersebut mengatakan Iran dan Korea Utara "menyulut" upaya perang Rusia dengan memberikan dukungan militer langsung kepada Moskow yang mencakup drone militer dan amunisi.

Namun, ia menyoroti China, yang menurut aliansi tersebut "telah menjadi penyokong utama perang Rusia melawan Ukraina melalui kemitraan 'tanpa batas' yang disebutnya dan dukungan skala besar untuk basis industri pertahanan Rusia."

"Kami menyerukan kepada RRC, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan tanggung jawab khusus untuk menegakkan tujuan dan prinsip Piagam PBB, untuk menghentikan semua dukungan material dan politik terhadap upaya perang Rusia," katanya, merujuk pada China dengan akronim resminya.

"Hal ini mencakup transfer bahan-bahan yang dapat digunakan ganda, seperti komponen senjata, peralatan, dan bahan mentah yang berfungsi sebagai masukan bagi sektor pertahanan Rusia," katanya.

"RRC tidak dapat melancarkan perang terbesar di Eropa dalam sejarah baru-baru ini tanpa hal ini berdampak negatif pada kepentingan dan reputasinya," tambahnya.

KTT tingkat pemimpin NATO berikutnya akan berlangsung di Den Haag, Belanda pada Juni 2025, diikuti oleh pertemuan di Turki pada waktu yang belum diumumkan.

Sumber: Anadolu

Baca juga: NATO kirim pesan khusus untuk China soal kerja sama dengan Rusia
Baca juga: Blinken dan Stoltenberg bahas 'jembatan' keanggotaan NATO bagi Ukraina

 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Primayanti
COPYRIGHT © ANTARA 2024