Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyambut antusias rencana kenaikan dana operasional TNI-Polri karena itu akan membantu anggota mengatasi kemahalan di Tanah Papua.

Memang benar hingga kini baik harga tiket maupun kebutuhan sehari-hari di Tanah Papua relatif lebih mahal dibanding daerah lainnya di Indonesia.

Bahkan antar satu daerah dengan daerah lainnya juga berbeda harganya misalnya harga di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya berbeda dengan di Wamena dan Jayapura , jelas Kapolda Papua Irjen Pol. Fakhiri kepada ANTARA di Jayapura, Kamis.

Ditemui seusai pelantikan bintara remaja di SPN Jayapura, Fakhiri berharap rencana kenaikan biaya operasional dibedakan antar wilayah karena kenyataan di lapangan memang berbeda mengingat untuk wilayah pegunungan harus menggunakan pesawat berbadan kecil sehingga daya angkutnya terbatas.

Wilayah-wilayah yang cukup sulit dijangkau karena harus menggunakan pesawat berbadan kecil itu sebagian besar berada di wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

"Karena itulah pihaknya berharap kenaikan biaya operasional itu disesuaikan dengan tempat tugas anggota," kata Fakhiri.

Menurutnya, dengan adanya kenaikan operasional prajurit diharapkan dapat membantu meringankan beban anggota yang bertugas di Tanah Papua.

"Mudah-mudahan rencana tersebut segera terealisasi, " harap Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Baca juga: Kapolda: Situasi Kamtibmas Papua kondusif menjelang Pilkada serentak

Baca juga: Kapolda Papua ajak warga edukasi anggota OPM tak bakar fasilitas umum

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024