Jakarta (ANTARA) - Pembalap Pol Espargaro akan kembali ke grid pembalap sebagai wildcard untuk Red Bull KTM pada Grand Prix Austria di Red Bull Ring mulai 16 sampai 18 Agustus 2024.

Menurut laman resmi KTM, Kamis, ini wildcard kedua bagi Espargaro pada 2024 setelah turun membela pabrikan tersebut pada GP Italia di Sirkuit Mugello.

Pembalap berusia 33 tahun itu mengaku tidak sabar untuk kembali mengendarai KTM RC16 dalam balapan kandang tim bulan depan.

“Saya siap berangkat lagi! Mugello adalah sirkuit spesial yang membuat saya kembali ke Red Bull KTM tetapi tidak ada yang lebih spesial dari Red Bull Ring,” kata Espargaro.

“Dari segi trek, tempatnya, para penggemarnya dan atmosfernya serta seberapa besar arti Grand Prix ini bagi KTM, ini juga terasa seperti balapan kandang bagi saya,” sambungnya.

Espargaro, yang baru mengikuti program pengujian KTM MotoGP 2024, memasuki GP Italia di Mugello pada awal Juni. Ia mengejar ketinggalan dan finis urutan ke-14 pada Sprint, serta finis posisi ke-17 pada balapan utama.

Baca juga: Marquez realistis soal perebutan gelar juara dunia 2024

Pembalap Spanyol itu adalah pebalap Red Bull KTM antara 2017 dan 2020 dan meraih podium pertama KTM di  kelas utama pada 2018.

Espargaro mengumumkan pensiun sebagai pembalap penuh waktu pada 2023 dan penampilan wildcard saat ini memungkinkan pengumpulan data serta orientasi yang berharga untuk tugas pengujiannya.

Espargaro pernah naik podium di Red Bull Ring untuk Grand Prix Styrian 2020 dengan KTM RC16.

Tahun 2024 akan menjadi MotoGP kesembilannya dalam  sirkuit tersebut.

“Saya memiliki kenangan indah dalam memperjuangkan kemenangan di sana, tapi seperti di Italia, tujuannya adalah tetap berada di trek bersama KTM RC16 dan melanjutkan program pengujian kami,” kata Espargaro.

Baca juga: Marquez bersaudara: Podium tambah semangat jelang paruh kedua 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024