Pangkalpinang (ANTARA) - DPD Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar fashion show batik cual dan kampung katak khas daerah Kepulauan Babel, dalam rangka merayakan HUT ke-2 Persikindo di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun, semoga Persikindo ke depannya semakin maju dan jaya," kata Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Syafrizal ZA saat menghadiri HUT ke-2 Persikindo, di Museum Ishadi Cual, Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengibaratkan HUT ke-2 Persikindo ibarat anak ajaib, karena pada usia dua tahun ini Persikindo Kepulauan Babel sudah banyak menghasilkan berbagai karya, seperti kain batik cual, batik kampung katak, ecoprint, dan berbagai makanan khas daerah di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Di usia dua tahun ini, UMKM perempuan di Persikindo ini sudah banyak menghasilkan karya dan menjalin kerja sama serta berkomunikasi dengan banyak orang, sehingga ini bisa menjadi salah satu contoh bagi organisasi-organisasi perempuan lainnya di daerah ini," ujarnya lagi.

Safriati Syafrizal ZA yang juga Penjabat Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Babel menyatakan akan menyinergikan program BKOW dengan Persikindo, guna meningkatkan kualitas UMKM perempuan di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Kita bisa lihat dari segi model, bahan, corak-coraknya batik ini sudah sangat bervariasi dan mudah-mudahan ke depannya akan banyak lagi kreasi serta inovasi yang dapat dihasilkan Persikindo yang berulang tahun maupun dari organisasi-organisasi perempuan lainnya," katanya pula.

Ketua DPD Persikindo Kepulauan Babel Isnawaty mengatakan HUT ke-2 tahun ini, Persikindo mengangkat tema "penguatan dan pengembangan diri UMKM perempuan dalam mewujudkan keluarga" sesuai visi misi organisasi kaum srikandi ini.

Ia mengatakan misi Persikindo untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat wanita yang berwawasan ekonomi Pancasila.

"Kami tentunya memberikan pelatihan, memfasilitasi, permodalan, meningkatkan produktivitas dan memberikan pasar dalam serta luar negeri berasaskan Pancasila bagi kaum srikandi sebagai mana tertuang di dalam misi Persikindo," katanya lagi.
Baca juga: Kemenperin bantu IKM batik jadi produsen seragam haji lewat pembinaan
Baca juga: Disdagperin tingkatkan kemampuan IKM desain jahit batik khas Kalteng

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024