Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menargetkan pelaksanaan uji coba arena (test event) PON 2024 Aceh-Sumut akan dilakukan pada Agustus setelah semua arena pertandingan siap digunakan.

"Test event akan dilaksanakan pada Agustus sehingga kami berharap akhir Juli, persiapan venue-venue sudah selesai," ujar Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan KONI Pusat beserta dua Panitia Besar PON 2024 Aceh-Sumut di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat sebelum uji coba arena, pihaknya akan mengundang pihak delegasi teknis untuk datang ke Aceh dan Sumatera Utara guna memeriksa arena-arena pertandingan.

"Untuk meyakinkan bahwa venue-venue yang dibangun, yang disiapkan, sudah sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan melaksanakan pertemuan registrasi delegasi pada awal Agustus sebelum uji coba arena pertandingan.

Norman mengatakan, dua Panitia Besar PON 2024 di Aceh maupun Sumatera Utara juga bekerja keras melakukan berbagai persiapan guna menyukseskan pesta olahraga nasional empat tahunan yang berlangsung di dua provinsi itu.

"Dengan dukungan Kemenpora, KONI Pusat juga bekerja dan bersinergi dengan kedua PB PON, insyaallah PON bisa berjalan sesuai waktu yang ditentukan," ujarnya.

Baca juga: Kemenpora dukung anggaran Rp516 miliar untuk sukseskan PON Aceh-Sumut

Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah selaku Ketua Panitia Besar PON 2024 Aceh-Sumut wilayah Aceh mengemukakan kesiapan arena pertandingan di wilayah Aceh sudah mencapai 76,8 persen.

"Kami yakin semua persiapan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan," ujarnya.

Sejalan, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni selaku Ketua Panitia Besar PON 2024 Aceh-Sumut wilayah Sumatera Utara mengatakan kegiatan persiapan PON berjalan sesuai dengan rencana.

"Venue sekarang semua sudah berproses, yang paling besar adalah di stadion utama yang rumputnya sudah ditanam dan pembangunan fisik, insyaallah akhir Juli selesai," imbuhnya.

PON 2024 Aceh-Sumut yang berlangsung pada 8-20 September akan mempertandingkan 67 cabang olahraga dengan pembagian 33 cabang olahraga dipertandingkan di Aceh dan 34 cabang olahraga dipertandingkan di Sumut.

Baca juga: Pemprov Sumut butuh 1.150 tenaga kesehatan untuk PON 2024
Baca juga: Menpora ingatkan PON Aceh-Sumut jangan meninggalkan utang

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024