Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung anggaran dengan total senilai Rp516 miliar untuk menyukseskan penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Anggaran tersebut dimanfaatkan melalui kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama dua Panitia Besar PON 2024 Aceh-Sumut, masing-masing di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

"Hari ini sudah resmi, semua perjanjian kerja sama ditandatangani, semua dukungan pemerintah sudah terpenuhi," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat memberikan sambutan setelah menyaksikan acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan KONI Pusat dan PB PON 2024 Aceh-Sumut di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Dito menjelaskan, dukungan anggaran negara untuk pesta olahraga nasional empat tahunan itu dimanfaatkan untuk sejumlah kebutuhan utama seperti bidang pertandingan sebesar Rp176 miliar.

Baca juga: Pemprov Sumut butuh 1.150 tenaga kesehatan untuk PON 2024

Nilai tersebut terdiri dari bidang pertandingan untuk wilayah Aceh Rp72 miliar, bidang pertandingan untuk wilayah Sumatera Utara Rp74 miliar, serta kebutuhan panitia, pengawas, hakim, dan keabsahan sebesar Rp30 miliar.

Kemudian kebutuhan anggaran untuk acara seremonial pembukaan di Aceh sebesar Rp60 miliar, seremonial penutupan di Sumatera Utara sebesar Rp41 miliar.

Selain itu, kebutuhan anggaran untuk sarana pertandingan di Aceh Rp138 miliar dan sarana pertandingan di Sumatera Utara Rp101 miliar.

Dito berharap melalui perjanjian kerja sama penggunaan anggaran, semua pihak dapat bekerja sama, saling mendukung dan bersinergi untuk mewujudkan PON yang sukses dalam empat aspek yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses ekonomi daerah.

"Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, kita semua bersama mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional," ujarnya.

Ia juga berharap penyelenggaraan PON kali ini bisa berlangsung sukses dan menjadi sejarah karena digelar di dua provinsi sehingga bisa menjadi pilot project untuk PON selanjutnya.

Ajang PON 2024 Aceh-Sumut akan berlangsung selama 8-20 September akan mempertandingkan 67 cabang olahraga dengan pembagian 33 cabang olahraga dipertandingkan di Aceh dan 34 di Sumut.

Baca juga: Pemprov desak rekanan percepat pengerjaan arena PON di Aceh
Baca juga: Menpora tampung usulan Aceh penambahan anggaran PON

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024