Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman optimistis cabang olahraga ice skating Indonesia mampu melahirkan atlet-atlet unggulan yang siap tampil membawa nama Indonesia pada kompetisi di kancah dunia.

"Potensi dari olahraga ini apabila dikelola secara baik, dimasyarakatkan secara baik, suatu hari nanti akan ada atlet-atlet ice skating Indonesia yang juga bisa ikut Winter Olympic, yang mana mereka juga bisa berprestasi," ujarnya kepada awak media usai membuka kejuaraan nasional (kejurnas) ice skating di AEON Jakarta Garden City, Jakarta, Senin.

Marciano mengatakan pembinaan dan pengembangan potensi atlet ice skating harus terus digalakkan agar pada saatnya mereka siap tampil di panggung internasional seperti para atlet yang tampil pada Summer Olympic di Paris yang baru berlalu.

Ia mengapresiasi Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) yang telah menggelar kejurnas Indonesia Open National Short Track Speed Skating Championship 2024 yang diikuti 40 atlet dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Kejuaraan terbuka itu, kata dia, merupakan kejuaraan menuju ekshibisi ice skating PON XXI Aceh-Sumut 2024. Laga ice skating akan digelar di Medan pada 2O September atau hari terakhir PON.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FISI yang dipimpin Ibu Suzan (Ketua Umum PP FISI Suzan Herawati) telah berupaya keras mempersiapkan event pendahulu menuju PON ini," ujarnya.

Baca juga: Sambut PON, FISI gelar kejurnas ice skating yang diikuti 40 atlet

Ia mengatakan, laga ekshibisi pada PON juga menjadi momentum penting untuk menyosialisasikan ice skating kepada seluruh masyarakat Indonesia

Semakin banyak orang yang mengenal dan mencintai cabang olahraga tersebut, kata dia, maka akan semakin banyak atlet baru serta semakin besar pula peluang memilih atlet-atlet potensial yang bisa mewakili Indonesia ke ajang internasional.

"Sehingga waktunya nanti bisa ada atlet ice skating yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," demikian Marciano.

Baca juga: KONI gandeng pengembang kripto majukan industri olahraga
Baca juga: KONI Pusat minta pembangunan Stadion Utama Sumut dipercepat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024