Jakarta (ANTARA) - PT Pelita Air menggandeng PT Dua Surya Dinamika (DSD) meluncurkan produk hiburan eksklusif bertajuk "Pasflix in-flight entertainment", guna menghibur pelanggan selama menggunakan maskapai penerbangan anak perusahaan Pertamina Grup tersebut.

"Hari ini Pelita Air launching fitur layanan baru yang kita rebranding dengan nama Pasflix, Untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang dengan konten hiburan eksklusif. Kami disupport DSD," kata Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa di sela peluncuran Pasflix in-flight entertainment di Jakarta, Kamis.

Asa menyampaikan bahwa aplikasi Pasflix merupakan pengembangan aplikasi Tripper. PASflix berisi berbagai jenis hiburan, antara lain film, bahan bacaan, dan permainan.

"Sebenarnya waktu awal kami sudah bikin cuma aplikasi ini juga ada di airlines yang lain. Sehingga kami ingin buat itu jadi eksklusif, makanya kami dengan DSD diskusi, sehingga Pasflix hanya bisa di lihat di Pelita Air, tidak bisa di tempat yang lain," ucap Asa.

Dia menjelaskan bahwa untuk menggunakan Pasflix, pengguna harus melakukan install aplikasi terlebih dahulu yang dapat di-download melalui App Store (iOS) atau Play store (Android). Pengguna dapat menggunakan PASflix saat di pesawat dan terhubung dengan airfi (wifi entertainment box) 'Pasflix'.

Asa mengatakan bahwa layanan itu memiliki kelebihannya dimana dapat diakses tidak hanya pada saat penerbangan tapi juga sebelum dan sesudah terbang.

"Kami sebenarnya sudah punya inflight entertaiment didukung oleh DSD sejak pertama kali kami terbang di bulan Juni tahun 2022. Kami sudah kasih layanan ini ke rute kita yang pertama di Yogyakarta waktu itu. Cuma yang waktu itu kita branding dengan nama Starlight," jelasnya.

Dalam perkembangannya, lanjut Asa, pihaknya melihat ada hal-hal yang perlu dikembangkan. Sehingga dengan dukungan penuh PT DSD, Pelita Air kemudian meluncurkan ulang saat ini dengan nama "Pasflix Inflight Entertaiment".

"Mudah-mudahan nanti bisa lebih menarik, karena banyak hal yang kami coba tambahkan dari sisi konten maupun dari konektivitasnya. Mereka (PT DSD) sudah provide alat di dalam pesawat untuk intranetnya agar semua bisa nonton atau bisa dengarkan hiburan langsung dari devicenya masing-masing," jelas Asa.

Lebih lanjut Asa menerangkan bahwa saat ini Pelita Air juga memiliki layanan premium ekonomi. Dalam layanan itu, pihaknya menyediakan tablet di pesawat yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengakses Pasflix.

"Layanan ini kami berikan dalam bentuk tablet yang disediakan hanya premium ekonomi class. Mudah-mudahan program dan fitur layanan dilaunching oleh Pelita Air kali ini, itu bisa menambah experience bagi seluruh pelanggan Pelita yang membuat semua ingin coba dan ingin terbang terus dengan Pelita Air," tutur Asa.

Asa menambahkan, pihaknya berencana ke depan untuk terus mengembangkan layanan itu. Pelita Air menargetkan ke depan bisa mempunyai channel sendiri yang diisi oleh konten-konten maskapai itu.

Selain itu, Asa juga menargetkan di masa mendatang, Pasflix bisa menjadi salah satu media untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan pelanggan.

"Saat ini orang itu lebih suka airlines yang sudah digital apalagi segmen milenial, sehingga kami coba semua ke program digital," terang Asa.

Seseorang melihat fitur layanan hiburan di Aplikasi Paslfix milik Pelita Air di Jakarta, Kamis (11/7/2024). ANTARA/Harianto

Sementara itu, Head of Product & IT PT Dua Surya Dinamika Hanesh Nadwani mengatakan bahwa "Pasflix" yang ada di Pelita Air tidak ada di maskapai yang lainnya.

"Pasflix adalah aplikasi khusus eksklusif untuk penumpang Pelita Air. Dimana bisa dipakai di dalam penerbangan maupun sebelumnya ataupun sesudahnya. Semuanya sudah ada, baik untuk perjalanan panjang, pendek, maupun yang akan datang pun juga ada," kata Hanesh.

Hanesh menjelaskan kerja sama dan kolaborasi yang dilakukan bersama Pelita Air dalam layanan tersebut, yakni PT DSD sebagai pihak yang mempersiapkan sistem di semua pesawat-pesawat Pelita Air.

"Dan kita juga meprovide produk. Dari produk sampai ke konten-kontennya juga kita bantu untuk meningkatkan kenyamanan Pelita Air," ujar Hanesh.

Menurutnya, layanan "Pasflix" sangat tepat dihadirkan selain mengikuti perkembangan zaman, juga untuk menghibur penumpang pesawat khususnya mereka yang membawa anak kecil.

"Dengan adanya itu kan tentunya hiburan di pesawat terutama ketika terbang dengan anak-anak maka tinggal dibukakan Pasflix ada game, anak itu bisa main. Itu akan membantu supaya bapak-ibunya juga tenang selama penerbangan. Jadi ini memang kebutuhan yang harus kita sediakan agar penumpang itu nyaman," katanya.

Selain Pasflix, Pelita Air yang menggandeng BMW Indonesia Program "High Spender Pelita Air", yaitu penghargaan kepada penumpang sebagai apresiasi atas loyalitas serta mendorong keterlibatan pelanggan.

Baca juga: Pelita Air gandeng BMW Indonesia siapkan hadiah mobil bagi pelanggan
Baca juga: Pelita Air siap datangkan tiga pesawat dukung rute baru tahun ini
Baca juga: ITDC dan Pelita Air bersinergi dalam penyediaan tiket korporasi

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024