Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan hasil undian cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 harus disikapi dengan optimisme.

“Hasil undian ini harus disikapi dengan optimisme dan kesiapan yang lebih lagi,” kata Ricky, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Jumat.

Adapun hasil undian dari empat nomor pertandingan bulu tangkis di Paris telah diumumkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Wakil Indonesia satu-satunya di nomor ganda campuran yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tergabung dalam Grup A.

Grup A ini dihuni oleh unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, pasangan Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun, dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Beralih ke sektor ganda putri, wakil Indonesia satu-satunya pada nomor ini yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga berada di Grup A bersama unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Lebih lanjut, Grup A ganda putri ini turut dihuni oleh pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan wakil Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Selanjutnya pada nomor tunggal putri, pemain andalan Indonesia sekaligus unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung berada di Grup G beraama dengan tunggal putri Ukraina Polina Buhrova dan wakil Ceko Tereza Svabikova.

Selanjutnya pada nomor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie masuk di Grup L bersama dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordon (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia).

Sementara unggulan kesembilan Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup H bersama Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).

Baca juga: Undian grup cabang bulu tangkis Olimpiade Paris resmi diumumkan

“Memang tidak ada lawan yang mudah di Olimpiade. Semua lawan sama beratnya dan pasti semua akan melakukan yang terbaik untuk hasil yang terbaik juga,” kata Ricky.

Kesembilan atlet bulu tangkis Indonesia pun akan berangkat ke Chambly, Prancis, Sabtu (13/7) untuk menjalani pemusatan latihan jelang Olimpiade.

“Selain sebagai aklimatisasi dan adaptasi, pola latihan tentunya sudah mengarah ke strategi pertandingan, mempelajari lebih detil kelebihan dan kekurangan calon-calon lawan,” ujar Ricky.

Adapun untuk nomor ganda putra, Ricky mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan final dari BWF dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait penambahan peserta untuk wakil tuan rumah.

“Semoga tidak berlarut-larut dan bisa segera dilakukan undian,” kata dia.

Baca juga: Ricky soroti kesiapan atlet untuk hadapi siapa pun lawan di Paris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024