Jakarta (ANTARA) - Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mengajak semua pihak yang peduli terhadap masa depan pemberantasan korupsi untuk segera mendaftar sebagai capim dan dewas KPK menjelang akhir pendaftaran pada Senin (15/7).

"Di penghujung waktu pendaftaran ini, kami ingin mengajak putra putri terbaik bangsa yang peduli terhadap masa depan Indonesia, yang peduli terhadap masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia untuk segera mendaftar sesuai dengan batas waktu tersebut," kata Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Arif Satria melalui pesan video yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Arif juga menyampaikan perkembangan jumlah peserta yang mendaftar untuk capim dan dewas KPK periode 2024-2029 hingga pukul 16.00 WIB Jumat hari ini.

"Hingga tanggal 12 Juli 2024 pukul 16.00 WIB sore ini, telah terdata registrasi akun 693 orang, pendaftar calon pimpinan KPK 116 orang dan pendaftar calon dewas KPK 87 orang," ungkap Arif.

Adapun pendaftaran capim dan calon dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Artinya masa pendaftaran hanya tinggal 4 hari lagi.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPR RI.

Dalam kesempatan sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak pihak-pihak yang memiliki keinginan untuk memperbaiki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar segera mendaftar sebagai capim KPK periode 2024-2029.

"Mengenai KPK, Saya harap kan banyak orang yang ingin memperbaiki KPK. Pertama jangan hanya berteriak-teriak saja, ya daftar saja," kata Wapres merespons masih sedikitnya jumlah pendaftar capim KPK dalam keterangan persnya usai meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7).

Baca juga: Pansel KPK libatkan BIN dan PPATK telusuri rekam jejak capim

Baca juga: Pansel KPK: peserta capim KPK sudah 106 orang, dewas 84 orangv

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024