Batam (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mendorong agar Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) untuk menggencarkan gerakan koperasi terutama bagi generasi muda.

Airlangga dalam keterangan yang diterima di Batam, Jumat mengatakan hal tersebut mengingat terdapat beberapa tantangan bagi koperasi di antaranya yakni daya saing koperasi dan sumber daya manusia (SDM).

“Saat sekarang pemerintah tentu melihat bahwa transisi ke depan ini menjadi penting. Karena transisi ke depan ini adalah transisi menuju Indonesia Emas 2045. Dan periode 2025 sampai 2035, tahap pertama sampai tahun 2030, itu sangat krusial. Karena ini berbasis ketersediaan SDM dan sumber generasi muda, dan kita ingin agar gerakan koperasi oleh Dekopindo tidak melupakan generasi muda," kata Airlangga dalam acara Hari Koperasi Nasional ke-77 di Batam.

Baca juga: Airlangga: Koperasi yang bertahan adalah yang kuasai pasar

Generasi muda ini sekarang, generasi milenial ini, selain mereka penting, mereka juga mempunyai literasi yang tinggi terhadap digitalisasi, tambah dia

Ia menyampaikan dengan jumlah anggota yang saat ini yang mencapai 24,44 juta orang dan volume usaha mencapai lebih dari Rp285 triliun, koperasi di Indonesia bergerak di berbagai sektor, mulai dari sektor produksi, pemasaran, konsumsi, jasa, hingga simpan pinjam.

“Kemudian tentu tantangan saat sekarang adalah disrupsi dari digital. Sebetulnya digital itu prinsip Koperasi secara digital. Karena digitalisasi itu berbasis anggota, membership, dan jaringan. Oleh karena itu, ini penting bagi kita untuk Koperasi terus menjadi tiang daripada perekonomian nasional,” ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut, Menko Airlangga juga berkesempatan menyerahkan penghargaan Tokoh Koperasi Indonesia untuk 4 kategori yaitu Bintang Abhinaya Jagadhita, Penggerak Koperasi Utama, Penggerak Koperasi Madya, dan Penggerak Koperasi Pratama.

Untuk kategori Bintang Abhinaya Jagadhita diberikan kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Jambi Alharis, dan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Menperin: koperasi pilar kekuatan ekonomi di era digital

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024