Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pro Joko Widodo (Projo) berharap PDI Perjuangan mengusung calon gubernur yang nantinya menjadi penantang Bobby Nasution dalam Pilkada 2024 di Sumatera Utara (Sumut).

Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus saat jumpa pers di Kantor DPP Projo, Jakarta, Jumat, yakin saat ini Bobby masih menjadi kandidat gubernur Sumatera Utara yang kuat, bahkan berpotensi tak ada penantang yang dapat mengimbangi alias melawan kotak kosong saat Pilkada 2024 nanti.

“Jadi, menurut saya, kalau lawan kotak kosong itu kualitas demokrasinya enggak bagus, kurang bagus. Nah, maka dari itu di Sumatera Utara, kami berharap Bobby bisa dapat lawan tanding. Saya berharap PDIP bisa memberi calon yang mengejutkan,” kata Panel Barus menjawab pertanyaan wartawan.

Baca juga: PDI-P Sumut silaturahmi ke PKS Sumut buka peluang koalisi Pilkada 2024

Dalam kesempatan yang sama, dia menegaskan Projo mendukung Bobby Nasution untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara di Pilkada 2024. Keputusan Projo itu juga diamini sejumlah partai politik, yang sejauh ini juga memberikan dukungannya untuk menantu Presiden Joko Widodo itu.

“Ini bukti bahwa keluarga Pak Jokowi ini ternyata didorong oleh partai ya. Jadi walaupun enggak didorong PDI, didorong oleh partai, ternyata begitu,” kata dia.

Baca juga: Golkar usul Bupati Asahan jadi cawagub Bobby di Pilkada Sumut

Setidaknya, ada tujuh partai politik yang mengumumkan dukungannya untuk Bobby, yaitu PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, NasDem, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan. Sebagian besar partai yang mendukung Bobby merupakan partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat Pilpres 2024.

PKS sempat memberikan sinyal mendukung Bobby, tetapi kemudian diralat karena belum ada keputusan resmi dari pengambil keputusan di partai.

Baca juga: Tito kembali tegaskan ASN wajib jaga netralitas di Pilkada 2024

Bobby Nasution, yang saat ini merupakan kader Partai Gerindra, menjabat Wali Kota Medan sejak 2021.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Pemungutan suara untuk Pilkada 2024 itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Baca juga: Menko Polhukam cek kesiapan Pilkada 2024 di wilayah Sumatera
Baca juga: Grace: Isu politik dinasti di Sumut hanya untuk yang takut bertarung

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024