Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menyepakati kolaborasi strategis tri dharma perguruan tinggi dan perluasan jaringan internasional bagi alumni dan dosen untuk studi lanjut di luar negeri.

Rektor Unja Prof Helmi dalam keterangan resmi di Jambi, Sabtu, mengatakan pentingnya kolaborasi internasional bagi Universitas Jambi.

“Universitas Jambi memerlukan ahli-ahli dari luar negeri untuk bertukar gagasan dan memberikan solusi nyata bagi permasalahan yang dihadapi oleh Provinsi Jambi, seperti degradasi lingkungan dan alih fungsi lahan. Dengan kerja sama ini, kami berharap dapat menghadirkan solusi yang lebih inovatif dan efektif,” kata Prof Helmi.

Perwakilan PPI Dunia Hamzah Assuudy Lubis menjelaskan bahwa pelajar Indonesia tersebar di 65 negara anggota PPI Dunia, yang mencakup Amerika dan Eropa, Timur Tengah dan Afrika, serta Asia Oseania, memiliki akses terhadap universitas dan lembaga internasional di negara studi mereka.

“Kami siap membantu Universitas Jambi dalam mengembangkan jaringan internasional dan terlibat dalam berbagai riset multi disiplin,” kata Hamzah.

Langkah konkret dari nota kesepahaman ini akan segera diwujudkan dengan pelibatan dosen Universitas Jambi dalam simposium internasional PPI Dunia yang akan dilaksanakan di Budapest pada Agustus mendatang.

Baca juga: Mahasiswa Unja lolos beasiswa IISMA ke universitas di Irlandia
Baca juga: 13 tim mahasiswa Unja terima pendanaan wirausaha Kemendikbudristek


Selain itu, akan ada berbagai kegiatan sosialisasi beasiswa di luar negeri yang akan diselenggarakan bersama dengan jurusan ilmu sosial dan ilmu politik Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan dan penelitian di Universitas Jambi.

Dengan memperkuat jaringan internasional, Universitas Jambi tidak hanya mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga berkontribusi lebih besar dalam memajukan Provinsi Jambi.

Kerja sama antara Universitas Jambi dan PPI Dunia ini menunjukkan komitmen kedua belah pihak untuk terus berinovasi dan mencari solusi terbaik bagi tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tinggi.

Melalui pertukaran gagasan, penelitian bersama, dan peningkatan kapasitas, diharapkan lulusan Universitas Jambi dapat bersaing di kancah global dan membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Kesepakatan yang ditandatangani ini memiliki beberapa poin penting, yang mencakup pengembangan kegiatan studi dan penelitian dalam berbagai bidang terkait program internasional.

Kolaborasi dalam penyelenggaraan pengembangan kualitas sumber daya manusia di tingkat daerah, lokal, dan regional, serta penyediaan narasumber dari berbagai kampus di luar negeri untuk mendukung kerja dan peningkatan berbagi pengetahuan.

Selain itu, kesepakatan ini juga menitikberatkan pada penyelenggaraan sosialisasi bersama mengenai beasiswa luar negeri dan informasi studi lanjut di luar negeri untuk jenjang S2 dan S3.
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024