Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Jawa Barat, mengerahkan 19 armada pemadam guna mengatasi dua peristiwa kebakaran besar yaitu di gudang penyimpanan bahan kimia di Jalan Ciparay dan bangunan bekas hotel di Jalan Suniaraja.

Kasi Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Jhon Erwin mengatakan pihaknya menerima dua laporan kebakaran tersebut pada pukul 00.05 WIB dan 01.25 WIB pada Minggu dini hari.

"Objek yang terbakar gudang penyimpanan bahan kimia milik PT Subur Kimia Jaya dan eks Hotel Hegar dua lantai," kata Jhon Erwin di Bandung, Minggu.

Ia mengatakan petugas langsung menuju ke lokasi kebakaran gudang pabrik kimia di Jalan Ciparay dan kebakaran bekas hotel di Jalan Suniaraja setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

Baca juga: Enam unit Damkar padamkan kebakaran padat penduduk di Braga Bandung

Pihaknya mendapatkan informasi laporan kebakaran gudang kimia tersebut diawali oleh ledakan dari dalam gudang yang berisi bahan kimia makanan dan industri.

Dia menuturkan luas area yang terbakar mencapai 210 meter persegi dari total luas 560 meter persegi. Petugas yang berada di lokasi langsung berusaha memadamkan api hingga akhirnya berhasil dipadamkan dengan mengerahkan 11 armada pemadam kebakaran (damkar).

"," kata dia.

Adapun terkait penyebab terjadinya kebakaran, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait termasuk mendata kerugian yang dialami.

Baca juga: 10 unit Damkar padamkan kebakaran padat penduduk di Cinta Asih Bandung

Selain itu, lanjutnya, tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Lima orang pegawai berhasil diselamatkan dan aset bangunan yang terselamatkan mencapai Rp4 miliar.

Sedangkan untuk peristiwa kebakaran bangunan bekas hotel di Jalan Suniaraja, Jhon Erwin mengatakan api pertama kali muncul di atap gedung. “Objek yang terbakar eks Hotel Hegar, luas yang terbakar 497 meter persegi," kata dia.

Dia menyebut untuk total mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan mencapai delapan armada dan berhasil dipadamkan selama dua jam.

Hingga kini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, beruntung tidak terdapat korban jiwa dan aset bangunan yang terselamatkan mencapai Rp 2,6 miliar.

Baca juga: Pabrik limbah plastik di Bandung terbakar Jumat siang

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024