Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa para atlet dan ofisial yang tergabung dalam Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, berangkat bergiliran sesuai cabang olahraga masing-masing sejak Sabtu (13/7).
 
Ia membeberkan, sehari sebelumnya atlet bulu tangkis telah berangkat ke Paris, Prancis, guna memulai pemusatan latihan (TC) lebih cepat untuk mempersiapkan diri.
 
"Dan malam ini empat atlet panahan juga akan berangkat ke Paris," kata Okto di Jakarta, Minggu.
 
Empat atlet panahan itu adalah Arif Dwi Pangestu, Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah Kamal. Mereka akan menjalani adaptasi cuaca terlebih dahulu sebelum mulai tampil pada 25 Juli mendatang.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, para atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing akan terus berangkat sampai 22 Juli mendatang.
 
"Nanti 23 Juli masuk ke village athlete olympics, lalu pada 26 Juli upacara pembukaan. Sedangkan perlombaan akan dimulai pada 27 Juli," ujar dia.


Baca juga: Tim bulu tangkis Indonesia bertolak ke Paris ikuti Olimpiade
 
Okto mengimbau masyarakat untuk selalu mendoakan perjuangan para atlet, karena hal itu bisa menjadi kekuatan tambahan bagi mereka, guna berprestasi dalam ajang olahraga multi event paling bergengsi di dunia itu.
 
Jumlah atlet yang berangkat dalam edisi Olimpiade kali ini merupakan terbanyak bagi Indonesia dalam 20 tahun terakhir atau terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.
 
Total 29 atlet yang berangkat ke Paris, Prancis, terbagi dari 12 cabang olahraga, di antaranya bulu tangkis, panjat tebing, angkat besi, akuatik, senam, dan judo.
 
Sebanyak 29 atlet itu, terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade yang lalu. Sedangkan total keseluruhan dalam kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.
 
Sebelum berlaga di Olimpiade, sebagian atlet juga akan mengikuti pemusatan latihan nasional (TC) di luar negeri.


Baca juga: Menpora sebut mentalitas jadi kunci atlet raih medali emas Olimpiade

Baca juga: Daftar lengkap 29 atlet Indonesia lolos Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024