Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi cerah berawan pada Senin.

"Pulau Sumatera secara umum, Kota Medan, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Kota Padang diprakirakan cuaca cerah berawan hingga berawan," kata Prakirawan Maria Klaudiana dalam saluran Youtube BMKG, di Jakarta, Senin.  

Cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di sejumlah daerah, yakni Yogyakarta, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, dan Pekanbaru.

Selanjutnya cuaca di daerah lainnya seperti di Padang, Medan, Denpasar, Banjarmasin, Mataram, Kupang, Mamuju, Palu, Kendari, dan Sofifi juga diprakirakan cerah berawan.

Sementara daerah yang berpotensi cerah, yakni Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Lampung.  

"Kota-kota besar di Pulau Jawa juga cukup kondusif dimulai dari Kota Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan juga Surabaya umumnya diprakirakan cerah berawan hingga berawan," katanya.

Kemudian daerah yang diprakirakan cuaca-nya berawan pada hari ini adalah Palembang, Gorontalo, Samarinda, Tanjung Selor, Makassar, Manado, Ambon, Jayapura, dan Manokwari.

Sementara cuaca berkabut diprediksi terjadi di Jambi.

"Untuk Kota Kendari diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan," katanya.

Baca juga: BMKG: Cuaca sebagian besar Indonesia cerah berawan pada Minggu
Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat guyur 10 provinsi pada Sabtu
Baca juga: Cerah berawan mewarnai cuaca Jakarta pada Jumat

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2024