Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk masuk dalam daftar Top 1000 Banks 2024 yang dirilis oleh media ekonomi dan keuangan berbasis di London, yaitu The Banker, pada Rabu (10/7).
 
Menurut perseroan, prestasi tersebut melengkapi pencapaian BRI dalam sebulan belakang.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan seluruh penghargaan yang diperoleh BRI tak lepas dari komitmen perseroan yang terus mengusung misi menciptakan economic value dan social value dengan terus fokus pada pemberdayaan UMKM.
 
"Hal tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja yang positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia serta semakin menunjukkan pengaruh di industri keuangan regional dan global," kata Sunarso melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.
 
Dalam daftar Top 1000 Banks 2024, tercatat 26 bank berasal dari Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas serta berperingkat 110 secara global.
 
Adapun Top 1000 Banks 2024 tersebut berisikan 1000 bank terbaik di seluruh dunia, dengan parameter penilaian Tier 1 Capital, Aset, Profit pre tax, Capital Asset Ratio, Return on Capital, dan Return on Asset.
 
The Banker sendiri merupakan grup dari Financial Times yang telah menjadi sumber informasi keuangan global yang kredibel sejak 1926.
 
Melalui rilisnya, Editor The Banker Kimberley Long mengungkapkan saat ini bank-bank di Indonesia sedang menikmati periode peningkatan Tier 1 Capital, yang didukung oleh periode pertumbuhan ekonomi yang kuat dan kondisi yang stabil.
 
“Optimisme tercermin dari posisi bank di Indonesia yang masuk dalam peringkat Top 1000, karena banyak bank yang telah bangkit kembali dari penurunan Tier 1 Capital pada tahun sebelumnya,” kata Kimberley.
 
Sebelumnya pada 13 Juni lalu, BRI dinobatkan oleh Forbes Internasional sebagai perusahaan terbesar dalam daftar The Global 2000. Dari 2000 perusahaan di seluruh dunia yang masuk dalam daftar tersebut, terdapat 9 perusahaan berasal dari Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas.
 
Selain itu, media ekonomi terkemuka dunia lainnya, Fortune, pada 18 Juni lalu mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit, dan aset.
 
BRI masuk dalam daftar Fortune Southeast Asia 500, menduduki peringkat pertama untuk industri perbankan dan keuangan di Indonesia. Sedangkan di Asia Tenggara, BRI menempati peringkat keempat untuk kategori finansial.
 
BRI juga mendapatkan beberapa penghargaan seperti yang diberikan oleh Finance Asia pada ajang The Finance Asia Awards and Asia's Best Companies Poll Gala Dinner 2024 di Hong Kong, Kamis (27/6). Dalam ajang ini, BRI memboyong 11 penghargaan.
 
Dari 11 penghargaan yang diterima BRI, 7 penghargaan di antaranya diperoleh dari kategori Asia's Best Companies dan 4 penghargaan diperoleh dalam kategori FinanceAsia Awards. Untuk Asia's Best Companies BRI mendapatkan Best CEO (gold) untuk Direktur Utama BRI Sunarso.
 
Ada juga Best Managed Company (gold), Best Investor Relations (gold), Best CFO (silver) untuk Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu, Most Committed to DEI (silver), Most Committed to ESG (silver) dan Best Large Cap Company (bronze).
 
Sementara itu, 4 penghargaan yang diperoleh dalam kategori FinanceAsia Awards di antaranya Best Bank For Financial Inclusion (winner), Best Commercial Bank - SMEs (winner), Best Sustainable Bank (highly commended) dan Most Innovative Technology (highly commended).
 
Di tengah ketidakpastian ekonomi global serta era suku bunga tinggi, Sunarso memandang bahwa keberhasilan BRI yang mendapatkan pengakuan dari Forbes, Fortune, Finance Asia, serta The Banker membuktikan bahwa dunia internasional mengakui serta mengapresiasi strategic response yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan. Hal tersebut, katanya, semakin mengukuhkan posisi BRI sebagai perusahaan BUMN yang kian diakui kiprahnya di kancah global.

Baca juga: Penyaluran KUR BRI hingga Mei 2024 capai Rp76,4 triliun
Baca juga: Pengelolaan risiko ESG kuat, rating Sustainalytics BRI terus membaik
Baca juga: BRI: SenyuM Mobile mudahkan akses layanan keuangan bagi ultra mikro

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024