Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut seorang haji Aceh asal Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dilaporkan meninggal Madinah, Arab Saudi, sehingga total peserta haji Aceh yang meninggal di Tanah Suci sebanyak 15 orang.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Senin, mengatakan informasi meninggalnya jamaah atas nama Husaini Bukhari (49) itu diterima dari laporan petugas Kloter 06-BTJ di Madinah.

“Husaini meninggal dunia di Hayat National Hospital Madinah, Sabtu 13 Juli 2024, pukul 14.50 waktu setempat,” kata Azhari.

Ia menjelaskan, menurut sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Husaini didiagnosa mengalami sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) karena syok sepsis dan pneumonia.

“Almarhum juga mengidap gagal jantung,” ujarnya.

Baca juga: PPIH: Jamaah haji Aceh meninggal di Arab Saudi menjadi 13 orang

Azhari menambahkan petugas kloter bersama pihak maktab telah melakukan proses fardu kifayah dan pengurusan jenazah.

"Almarhum sudah dishalatkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT)," ujarnya.

Hingga saat ini jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi menjadi 15 orang yakni Ruhamah (84) asal Kota Sabang, Muhdin Ibrahim (62) asal Bireuen, Muhammad Umar Ardik (78) asal Aceh Tengah, dan Manshur Ahmad yang merupakan petugas Kloter 07-BTJ,  serta Nasrun Ismail (75) asal Bireuen.

Baca juga: 393 haji kloter 01-BTJ Debarkasi Aceh tiba di Tanah Air

Selanjutnya Marhani binti Muhammad Taib (65) asal Bireuen dan Halimah (67) asal Pidie, Usman Sulaiman Ibrahim(90) asal Bireuen, dan Azhar Umar Pekan (57) asal Pidie. Kemudian Zubaidah (65) asal Banda Aceh, Cut Ajasapiah (89) asal Aceh Timur, Haryati binti Ahmad Ishak (66) asal Banda Aceh, serta Zubaidah (70) asal Banda Aceh, Faridah Ali Adek (72) asal Pidie, dan Husaini Bukhari (49) asal Aceh Besar.

Ia menambahkan jamaah haji Aceh yang sudah berada di Madinah akan tiba dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap hingga 22 Juli mendatang melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

"Insya Allah Selasa (16/7) dini hari nanti jamaah Kloter 06-BTJ juga akan tiba di Aceh. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran kepada kita semua," katanya.

Baca juga: Suami istri peserta haji asal Aceh berurutan meninggal di Tanah Suci

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024