Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, meminta dukungan PT PLN untuk meningkatkan pelayanan listrik bagi warga di daerah tertinggal terdepan dan terluar (3T).

Beberapa waktu lalu PT PLN melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Jayapura membantu 81 warga kurang mampu di Jayapura memperoleh pemasangan listrik gratis.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay di Sentani, Senin, mengatakan, pihaknya mengharapkan adanya dukungan serupa di waktu mendatang.

“Kita tahu bersama warga di daerah 3T masih banyak yang belum merasakan listrik, sehingga hal ini harus menjadi perhatian serius PLN,” katanya.

Menurut Delila, listrik saat ini menjadi kebutuhan vital manusia, karena apapun aktivitas manusia bersentuhan langsung dengan listrik.

“Ini yang kami minta dukungan PLN kepada warga kami di daerah 3T untuk memperoleh listrik supaya mereka juga merasakan kehadiran pemerintah di wilayah pelosok,” ujarnya.

Dia menjelaskan keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sehingga tidak semua masalah sosial di tengah masyarakat mampu diselesaikan oleh pemerintah daerah.

“Untuk itu dukungan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini PLN sangat diperlukan dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan dukungan listrik juga dapat membantu masyarakat meningkatkan perekonomian melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi warga 3T.

“Kami berharap masalah sosial, pembangunan bagi warga di daerah pelosok juga menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dalam hal ini BUMN dan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura kirim 4 ton biji kakao ke Bali
Baca juga: OJK Papua perkenalkan industri keuangan Indonesia ke warga Sabron Sari

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024