Jakarta (ANTARA) -
Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024 Maruarar Sirait, menyataka turnamen pramusim untuk  mendukung transformasi sepak bola di Indonesia itu memiliki tiga misi, salah satunya melahirkan pemain-pemain  berkualitas.

"Kemudian, yang kedua adalah memutus praktik pengaturan skor pertandingan," kata dia dalam konferensi pers Piala Presiden 2024 di SCTV Tower, Jakarta, Senin.

Dia menyebut pengaturan skor sebagai praktik kotor yang mencederai  sportivitas sepak bola di Indonesia dan bertentangan dengan hukum atau aturan sepak bola.

"Jangan sampai apa yang sedang dikerjakan oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir tercederai oleh oknum-oknum pelaku," katan mantan politikus PDI Perjuangan itu.

Misi ketiga adalah mencari sumber dana turnamen yang tidak menggunakan APBN, APBD, dan bantuan BUMN, sehingga murni dari sponsor swasta.

Baca juga: Dana sponsor untuk Piala Presiden sudah Rp48 miliar

Menurut Maruarar, asal sumber dana itu menunjukkan bahwa turnamen berkualitas di Indonesia bisa terselenggara, tanpa campur tangan pemerintah atau negara, sehingga bisa dilakukan secara mandiri.

Jika dikelola secara transparan, kepercayaan sponsor bisa mendatangkan dana banyak untuk membantu membangun sepak bola Indonesia.

Terbukti, tambah dia, uang yang ada per hari ini sudah terkumpul Rp48 miliar.

Uang ini akan diaudit penggunaannya oleh firma akuntansi internasional PricewaterhouseCoopers (PwC) sehingga perputaran uang terpantau secara terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan, sambung dia.

Baca juga: Persib Bandung tak patok target tinggi pada Piala Presiden 2024
 
Ketua Steering Committee (SC) Maruarar Sirait (tengah), menandatangani kerja sama dengan perwakilan firma akuntansi internasional PricewaterhouseCoopers (PwC) terkait audit pengelolaan dana Piala Presiden 2024 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (15/7/2024). ANTARA/Donny Aditra

, .
Dia berharap, Piala Presiden bisa menjadi contoh penyelenggaraan turnamen tidak resmi FIFA di Indonesia.

Piala Presiden 2024 adalah turnamen tidak resmi FIFA yang keenam kali  digelar setelah edisi 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2022, serta melibatkan delapan tim Liga 1.

Persib adalah juara edisi pertama, Arema FC juara edisi 2017, 2019, 2022, sedangkan edisi 2018 dijuarai Persija.

Tahun ini, turnamen dimulai dan dibuka di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 19 Juli.

Juara Piala Presiden 2024 mendapat uang tunai sebesar Rp5 miliar atau terbanyak sejak turnamen itu pertama kali diselenggarakan.

Baca juga: Specs rilis lini sepatu baru sambut Piala Presiden dan Liga 1

Delapan tim peserta dibagi ke dalam dua grup, yaitu A dan B.

Grup A bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Mereka adalah tuan rumah Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.

Grup B yang diisi Arema FC, Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Dua tim teratas masing-masing grup lolos ke semifinal, sedangkan laga semifinal sampai final digelar di Stadion Manahan, Solo.

Baca juga: Bojan Hodak sambut baik penyelenggaraan Piala Presiden 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024