Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan persiapan Stadion Gelora 10 November di Tambaksari untuk menggelar Piala AFF U-19 sudah 95 persen.
 
"Kalau yang Gelora Bung Tomo sudah 100 persen, sedangkan untuk Stadion Gelora 10 November itu 95 persen," kata Eri di Surabaya, Senin.
 
Lima persen tersisa adalah uji coba pencahayaan lapangan, sedangkan fasilitas lain sudah siap sepenuhnya.
 
"Besok kami melakukan uji coba lampu, tapi seperti rumputnya sudah tidak ada masalah termasuk tempat pemain. Pertandingan Rabu di GBT, yang tanggal 18 Juli di 10 November," kata Eri.
 
Pantauan ANTARA di Gelora 10 November hari ini memperlihatkan puluhan petugas melakukan beragam persiapan dengan memasang ornamen Piala AFF U-19 dan membersihkan sejumlah  area.

Baca juga: Pemain muda Bali United jalani pemusatan latihan Timnas U19
 
Di bagian lapangan, petugas terlihat merawat rumput, sedangkan yang lainnya memeriksa kondisi gawang.
 
Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat menyatakan seluruh pengerjaan di Gelora 10 November selesai Selasa esok.
 
"Ada uji coba lampu stadion, tinggal itu saja," kata dia.
 
Hidayat menjelaskan pengerjaan pencahayaan memakan waktu karena harus mengganti bagian kelistrikan yang sudah termakan usia.
 
"PLN di sana dua minggu. Instalasi kabel di Stadion Tambaksari itu lama, sejak tahun 1954. Kondisinya sudah banyak yang terkelupas, makanya ganti instalasi itu lama," ucap dia.

Baca juga: Raven anggap persaingan tim di Grup A Piala AFF U-19 ketat
 
Menurut dia, komponen lain sudah rampung sepenuhnya. "Tidak ada pengerjaan lainnya, rumput aman semuanya dan sudah dicek juga," kata Hidayat.
 
Piala AFF U-19 digelar di Surabaya mulai 17 sampai 29 Juli 2024, tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November.
 
Turnamen ini diikuti 12 negara yang terbagi dalam tiga grup.
 
Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. 

Grup B diisi Laos, Vietnam, Myanmar, serta Australia, sedangkan  Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam masuk Grup C.

Baca juga: Indra Sjafri pilih 23 pemain untuk Piala AFF dalam empat hari ke depan

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024