Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 320 haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang didominasi dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin dan Kota Banjarbaru tiba di tanah air melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
 
Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin  Eddy Khairani Z di Banjarbaru, Senin, menjelaskan  kedatangan jamaah haji Kloter 16 dari tanah suci Arab Saudi sekitar pukul 12.40 WITA hari ini.

Baca juga: Soal tuduhan DPR terkait korupsi kuota haji, Kemenag: Buktikan saja
 
"Proses kedatangan dan penyambutan jamaah haji Kloter 16 berjalan lancar hingga ke asrama haji," ujarnya.
 
Menurut dia, Kloter 16 mengangkut 320 orang haji dengan petugas haji dan kesehatan haji dengan rincian dari Kota Banjarmasin 152 orang, Kabupaten Tapin sebanyak 85 orang, Kota Banjarbaru sebanyak 75 orang.
 
"Bersama rombongan Kloter 16 ini juga ada dua haji dari Kabupaten Banjar dan satu haji dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah," ujarnya.
 
Dengan datangnya Kloter 16 ini, ungkap Eddy, maka jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke tanah air sebanyak 5.111 orang dari total yang diberangkatkan sebanyak 5.853 orang dengan petugas dan tim kesehatan haji.
 
"Artinya tinggal tiga Kloter yang masih di tanah suci, dari 19 kloter," ujarnya.
 
Eddy berharap, kepada seluruh jamaah haji yang sudah pulang ke tanah air agar membangun komunikasi dengan tim Kesehatan setelah pulang dari luar negeri.

Baca juga: Kemenag: Pengalihan 10 ribu kuota ke haji khusus atas simulasi Kemenhaj Saudi
 
"Jika ada keluhan sakit segera lapor dengan petugas PPIH," ujarnya.
 
Dia mewakili PPIH Embarkasi Banjarmasin meminta maaf bila ada kekurangan dalam pelayanan kepada jamaah haji.
 
Demikian juga dia menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran penyelenggaraan haji tahun ini dari keberangkatan hingga kepulangan ini sudah berjalan sangat baik dan lancar.
 
Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan ke Arab Saudi sebanyak 5.759 calon haji ditambah 94 petugas haji dan kesehatan pada 19 kloter.
 
Dengan rincian sebanyak 4.071 orang jamaah haji pada 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang jamaah haji pada lima Kloter dari Kalteng.
 
Adapun jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat hingga kini sebanyak 10 orang.

Baca juga: KKHI Makkah sediakan pelayanan gizi bagi jamaah hingga petugas haji

Pewarta: Sukarli
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024