Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengingatkan Pengurus Besar Indonesia Woodball Association (IWbA) agar menyiapkan atlet-atlet woodball terbaik untuk menghadapi SEA Games 2025.

"Di sini saya mengingatkan bahwa kita harus mulai mempersiapkan dengan serius karena woodball rencananya akan dipertandingkan pada SEA Games 2025," kata Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari dalam sambutan yang dibacakan Exco KOI Zaenal Asikin pada Rapat Pimpinan Nasional IWbA 2024 di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, KOI saat ini terus memperjuangkan agar woodball  dipertandingkan dalam SEA Games 2025 di Bangkok, Thailand.

Pada rapat Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) mendatang, kata dia, KOI juga akan kembali mengomunikasikan gagasan mendorong woodball dipertandingkan dalam SEA Games 2025, yang keputusannya akhir keluar Desember tahun ini.

Zaenal mengharapkan Thailand mendukung woodball masuk  pertandingan SEA Games.

Baca juga: KOI gandeng Lemhanas kaji menyeluruh pembinaan olahraga

SEA Games, kata dia, menjadi peluang emas untuk menunjukkan kemampuan dan keunggulan atlet woodball Indonesia.

"Saya berharap IWbA dapat memanfaatkan kesempatan ini, membuat strategi, rencana program pelatihan agar para atlet siap bersaing dan meraih medali pada SEA Games," pungkasnya.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam membangun woodball Indonesia yang mengedepankan enam elemen yaitu atlet, pelatih, pengurus, wasit/juri, kejuaraan, venue, dan organisasi.

"Kalau keenam elemen ini berjalan dengan baik, tentu prestasi bukan lagi mimpi yang sulit kita raih," kata dia.

Oktohari menegaskan semua cabang olahraga termasuk woodball harus mengikuti tata kelola dalam statuta federasi internasionalnya dan menjunjung tinggi otonomi yang diatur dalam Piagam Olimpiade demi menjaga profesionalisme serta harga diri Indonesia di mata dunia.

Baca juga: Ketum KOI: Atlet Olimpiade berangkat bergilir sejak 13 Juli

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024