Jakarta (ANTARA) - Piala Eropa atau Euro 2024 telah usai yang ditandai dengan keberhasilan Timnas Spanyol mengangkat piala untuk yang keempat kalinya.

Namun, turnamen sepak bola ibarat panggung yang menampilkan sederet tim dan pemain yang sukses, namun turut menampilkan juga tim dan pemain yang meredup atau bermain di bawah ekspektasi.

Uniknya, pemain yang bersinar di Euro kali ini justru didominasi oleh pesepak bola muda. Tentu yang paling disoroti adalah Lamine Yamal yang baru menginjak usia 17 tahun dan langsung menyabet gelar pemain muda terbaik di turnamen empat tahunan ini.

Bak dua sisi koin, setiap ada yang bersinar ada juga yang meredup. Rangkuman kali ini telah menghimpun beberapa pemain yang memberikan dampak bagi timnas negaranya masing-masing.

Berikut daftar pemain yang sukses di Piala Eropa 2024

1. Lamine Yamal
​​​​​​​
Pemain muda Spanyol Lamine Yamal merayakan kemenangan Spanyol atas Prancis pada laga babak semifinal yang berakhir 2-1 di Stadion Football Arena, Munich, Jerman, Selasa (9/7/2024). ANTARA/AFP/Miguel Medina/aa.


Seperti yang disebutkan di atas, pemain muda Spanyol ini tampil impresif bersama La furia roja. Penyerang sayap FC Barcelona itu menyumbangkan assist dan gol penting saat Spanyol menumbangkan Jerman dan Prancis.

Pemain yang banjir rekor sebagai pesepak bola termuda ini juga menjadi aktor di balik kemenangan Spanyol atas Inggris di babak final lewat satu assits atas gol Nico Williams.

2. Jude Bellingham
​​​​​​​
Jude Bellingham. ANTARA/AFP/OZAN KOSE

​​​​​​​
Pemain kunci Real Madrid asal inggris ini tampil apik dalam Euro 2024 dengan torehan 2 gol. Permainan cerdik Bellingham di gadang-gadang dapat membawa The Three Lions meraih gelar juara piala Eropa untuk pertama kalinya.

Namun sayang, timnas Inggris harus mengakui keunggulan Spanyol dalam partai final yang berkesudahan untuk kemenangan timnas Spanyol dengan skor akhir 2-1.

3. Riccardo Calafiori
​​​​​​​
Riccardo Calafiori. ANTARA/AFP/CHRISTOPHE SIMON

​​​​​​​
Pemain timnas Italia berusia 22 tahun ini dijuluki sebagai gabungan dari kedua defender legendaris Italia, yaitu Paolo Maldini dan Allesandro Nesta. Meski langkah Italia harus terhenti di babak 16 besar usai kalah dari Swiss, penampilan Calafiori tidak bisa dipandang sebelah mata.
​​​​​​​
Bek Bologna yang masih belia ini sudah memiliki kepercayaan diri dan ketenangan di atas lapangan saat diturunkan sebagai starter. Ia juga menciptakan assist penentu untuk Italia diimbangi Kroasia 1-1 di laga terakhir Grup B.

4. Xavi Simons
​​​​​​​
Xavi Simons. ANTARA/AFP/JOHN THYS

​​​​​​​
Pemain muda asal Belanda yang mengantarkan Tim Oranye ke babak semifinal Euro 2024 sempat dinilai sebagai talenta muda yang gagal bersinar karena sering berpindah klub

Padahal pemain lulusan La Masia itu tampil memukau bersama Belanda di Piala Eropa 2024 dengan mencetak satu gol dan dua assist. Berposisi sebagai gelandang serang yang bisa berpindah ke sayap kiri atau kanan, Xavi Simons memiliki akurasi umpan yang baik sebesar 89,17 persen, menurut statistik UEFA.​​​​​​​


5. Georges Mikautadze
​​​​​​​
Georges Mikautadze. (ANTARA/AFP/Ina Fassbender)


Tidak disangka, striker Timnas Georgia ini sukses memasuki jajaran topskor Euro dengan torehan 3 gol.

Georgia tampil mengejutkan dengan mengalahkan Portugal 0-2 pada laga pamungkas Grup F. Kala itu, Mikautadze menyumbang 1 gol sedangkan 2 gol lainnya dicetak saat melawan Turki dan Republik Ceko. Meskipun berstatus sebagai debutan, tim asuhan Willy Sagnol ​​​​​​​itu telah berhasil menembus babak 16 besar.

Baca juga: Kegagalan ini terasa sangat menyakitkan, kata Harry Kane

Baca juga: Lamine Yamal raih penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2024

Baca juga: Lima momen menarik dalam final Euro 2024


Halaman selanjutnya: Pemain yang redup di Euro 2024
​​​​​​​Pemain yang redup di Euro 2024

1. Cristiano Ronaldo
 
Cristiano Ronaldo. (ANTARA/AFP/Patricia De Melo Moreira)

Cristiano Ronaldo yang kini berusia 39 tahun melakoni Piala Eropa keenamnya di Jerman dengan catatan yang tidak seperti biasanya. Striker Al Nassr​​​​​​​ itu mengalami titik antiklimaks karena tidak mampu mencetak satu pun gol dari 23 sepakan yang ia lepaskan.

CR7 secara fisik memang masih mampu bermain penuh selama 90 menit, namun efektivitasnya mulai menurun sebab ia hanya menyumbang satu assist dari lima laga di Piala Eropa 2024. Ia juga gagal mencetak gol penalti ke gawang Slovenia di babak perpanjangan waktu, kendati demikian ia berhasil mencetak gol pada babak adu penalti yang berakhir 3-0 untuk kemenangan Portugal.

2. Robert Lewandowski
​​​​​​
Robert Lewandowski. ANTARA/AFP/Geoff Caddick/am.


Stiker Polandia berseragam Barcelona itu hanya menjadi penggembira di Piala Eropa 2024. Selain Polandia harus angkat koper lebih awal, Lewandowski juga mengalami cedera yang memaksanya absen pada laga fase grup.

3. Romelu Lukaku
 
Romelu Lukaku. ANTARA/JOHN THYS /AFP


Berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Belgia dengan catatan 85 gol dari 119 laga tidak membuat Lukaku sukses di Piala Eropa 2024.

Pesepak bola dengan garis keturunan Republik Kongo itu hanya mencetak satu assist dan nihil gol dalam empat laga di Piala Eropa 2024.

4. Kylian Mbappe

​​​​​​​
Kylian Mbappe. (ANTARA/AFP/Franck Fife)


Bintang Timnas Prancis, Kylian Mbappe mengakui dirinya gagal total dalam Euro kali ini. Penampilan Mbappe bersama Les Bleus dinilai belum maksimal ​​​​​​​di mana striker Real Madrid itu hanya menyumbang satu gol kala Prancis bersua Polandia, itu pun lewat titik Penalti.

Langkah Prancis pun terhenti di semifinal usai takluk oleh Spanyol dengan skor 2-1.

5. Luka Modric
 
Luka Modric. (ANTARA/AFP/Christophe Simon)

Di usianya yang tidak muda lagi, Modric tetap tampil sebagai motor utama timnas Kroasia di Euro 2024 ini. Tetapi penampilannya kali ini dinilai tidak cukup mampu mendongkrak performa Timnas Kroasia dalam persaingan di Grup B.

Kroasia pun harus puas hanya menjadi tim pelengkap dalam ajang kali ini setelah hanya mengumpulkan 2 poin dari 2 hasil seri dan 1 kekalahan. Alhasil Kroasia gagal lolos dari fase grup.

Baca juga: Adakah negara Eropa yang tak pernah lolos ke Piala Eropa?

Baca juga: Sejarah Piala Eropa beserta daftar lengkap juara & tuan rumah

Baca juga: Alasan di balik tidak adanya juara 3 dalam Piala Eropa

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024