Banda Aceh (ANTARA) - Bola basket putra Jawa Timur bangkit dari ketertinggalan untuk meredam permainan Bali dengan kemenangan 73-64 pada babak penyisihan Pool A Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu. 

“Kita mengakui tim basket Bali sangat kuat. Mereka terus menyerang dan rebound mereka juga sangat tinggi,” kata pelatih tim basket Jawa Timur R Aries Herman usai pertandingan di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Pada kuarter pertama, tim asuhan R Aries Herman tertinggal jauh dengan skor 9-20 dan kembali tertinggal 26-34 di akhir kuarter kedua meski sudah berupaya mengatur strategi untuk meningkatkan serangan. 

Meski tertinggal, namun tim Jawa Timur tetap berupaya menyerang sekaligus mengimbangi rebound tim Pulau Dewata pada kuarter ketiga. Upaya tersebut membuahkan hasil dengan Jatim berbalik unggul 53-46. 

Pada kuarter terakhir, intensitas serangan kedua tim meningkat. Meski catatan rebound Jatim di bawah Bali, 47-64, namun Jatim mampu membukukan kemenangan pada laga tersebut. 

“Tim Bali merupakan tim yang tangguh sehingga pertandingan berlangsung sangat alot dan kami sempat tertinggal poin hingga dua kuarter. Tetapi lewat strategi yang kita susun untuk menghalau rebound mereka, tim mampu menjadi pemenang dalam laga penyisihan ini,” katanya. 

Baginya semua tim yang turun pada PON 2024 merupakan tim yang tangguh, namun Jatim tetap memasang target untuk meraih medali emas. 

“Salah satu modal untuk meraih kemenangan dan membawa pulang medali emas adalah memperkuat mental anak-anak sebagai juara,” katanya.

Tim basket putra Jawa Timur akan berhadapan dengan Jawa Tengah pada Selasa (3/9) di GOR Harapan Bangsa dan pada hari yang sama Bali akan berhadapan dengan tim DKI Jakarta.

Baca juga: Jadwal cabor bola basket 5X5 di PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Jadwal cabor bola basket 3X3 PON 2024 Aceh-Sumut
Baca juga: Tim basket Aceh siap persembahkan penampilan terbaik


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024