Medan (ANTARA) - Sebanyak 92 peboling akan bersaing menjadi yang terbaik di cabang olahraga boling pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang akan digelar mulai 7 hingga 19 September di GOR Hj. Rayati Syafrin, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ketua Panitia Pertandingan Boling PON XXI Aceh – Sumut 2024, Jonathan Sergio Goenawan, di Medan, Senin, mengatakan seluruh atlet boling PON akan tiba di Medan pada Rabu (4/9).

Adapun 10 provinsi yang mengikuti pertandingan boling adalah tuan rumah Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten.

“Para atlet akan menginap di hotel seputaran venue boling. Setelah tiba di Medan, para atlet akan mulai uji coba lintasan pada Kamis (5/9)," katanya.

Lebih lanjut Sergio mengatakan, GOR Bowling Hj. Rayati Syafrin yang memiliki 16 lintasan sudah siap 100 persen menggelar pertandingan PON 2024.

“Beberapa fasilitas lintasan yang sebelumnya belum lengkap seperti mesin oiling saat ini sudah tersedia. Peralatan atlet juga sudah terpenuhi. Begitu juga dengan SDM panitia sudah siap,” jelas Sergio.

Dikatakan, kesiapan panitia menggelar pertandingan boling PON ditandai dengan telah suksesnya pelaksanaan test event pada pekan lalu.

“Dari suksesnya pelaksanaan test event membuktikan kita panitia sudah siap 100 persen menggelar PON. Apalagi sebelum test event panitia dan perangkat pertandingan sudah mengikuti bimbingan teknik (Bimtek),” katanya.

Sementara atlet boling andalan Sumut, Aldila Indryati, mengaku terus memanfaatkan waktu yang ada untuk memantapkan persiapan. Dia pun berharap doa dan dukungan masyarakat Sumut untuk meraih sukses di PON.

“Target pribadi saya bisa menyumbangkan 2 medali emas. Mudah-mudahan target ini bisa saya wujudkan,” ujar peraih medali emas SEA Gemes 2019 Filipina ini.

Sumatera Utara di PON kali ini memasang target 6 medali emas dari total 11 emas yang diperebutkan. Tim boling Sumut menurunkan 4 atlet putra dan 4 putri.

Sektor putra diperkuat Hardy Rachmadian, Oscar, Imam Wiguna dan Adyandra Anugra, sedangkan di bagian putri diperkuat Aldila Indriyati, Nadia Pramanik, FionibFaradilla dan Ruby Herpen.

Baca juga: Menpora minta PB PBI buat road map jangka panjang boling
Baca juga: KONI Pusat berharap olahraga boling kian digemari masyarakat


Pewarta: Juraidi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024