Banda Aceh (ANTARA) - Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 sudah melintasi 15 dari 23 kabupaten/kota di Aceh dalam tujuh hari sejak diambil dari Gunung Api Jaboi, Sabang, pada Selasa (27/8) lalu.

"Alhamdulillah, setelah tujuh hari, tim kirab api PON Aceh telah menyapa 15 kabupaten/kota, termasuk prosesi estafet di Pakpak Bharat," kata Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Aceh-Sumut 2024 Wilayah Aceh, Akkar Arafat, di Banda Aceh, Senin.

Bermula dari Sabang pada Selasa (27/8) lalu, kirab api PON bergerak menuju Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam.

Akkar mengatakan, dari Subulussalam, tim kirab api PON XXI Aceh bertemu dengan Tim Kirab Api PON XXI Provinsi Sumatera Utara untuk prosesi estafet.

Prosesi estafet api PON XXI dilakukan oleh Pj Wali Kota Subulussalam Azhari, mewakili Pj Gubernur Aceh kepada Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, mewakili Pj Gubernur Sumut.

Prosesi estafet api PON XXI berlangsung di Lapangan Desa Prulihen Kecamatan STU Jehe. Seribuan masyarakat memadati lapangan untuk menyaksikan momen monumental tersebut.

Selanjutnya, kata Akkar, tim kirab api PON XXI Aceh bergerak menuju Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues.

Baca juga: Kirab api PON XXI Aceh-Sumut dimulai dari Pulau Weh Sabang
Baca juga: Sejarah kirab api PON, dimulai sejak 1969 hingga ke Aceh


Pada Minggu (1/9), kirab Api PON XXI tiba di Bumi Mude Sedie Kabupaten Aceh Tamiang dan diterima oleh Pj Sekretaris Daerah Aceh Tamiang Tri Kurnia dan disambut meriah oleh ribuan masyarakat setempat.

Pagi tadi, Pj Bupati Aceh Tamiang Asra, melepas tim kirab api PON XXI Aceh menuju Kota Langsa. Pj Wali Kota Langsa menyambutnya bersama Forkopimda setempat, di Lapangan Merdeka Langsa.

"Hari ini kirab api PON kembali bergerak ke Kabupaten Aceh Timur dan menuju ke Aceh Utara dan diinapkan di sana," ujarnya.

Dirinya sangat mengapresiasi atas sambutan masyarakat, para siswa serta seluruh jajaran pemerintah yang telah antusias menyukseskan PON Aceh-Sumut ini.

"Mari, bersama kita gaungkan kepada saudara se-Nusantara, para kontingen PON XXI, bahwa Aceh siap menyukseskan PON XXI serta menyambut tamu dengan ramah," demikian Akkar Arafat.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, dan mempertandingkan 65 cabang olahraga hingga upacara penutupan pada 20 September 2024 di Stadion Utama Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca juga: 92 atlet bersaing di cabang boling PON 2024
Baca juga: Angkat besi - Mengenal GOR khusus angkat besi Seuramoe Banda Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024