Banda Aceh (ANTARA) - Tim bisbol DKI Jakarta berhasil mengamankan satu tiket untuk babak super round ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, setelah berhasil menekuk tim bisbol Banten dengan skor 9-2 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu.

Pelatih Kepala Tim Bisbol DKI Jakarta Gilberto Sayogo menyebut kemenangan melawan Banten tersebut membuat tim juara bertahan berhasil memetik kemenangan penuh dalam empat laga babak penyisihan, sehingga memastikan satu tiket untuk babak selanjutnya, meskipun masih ada dua laga sisa.

"Kalau untuk super round kita sudah pasti mendapat tiket, tapi tinggal nanti dari sisa pertandingan yang akan menentukan rangking berapa," kata Gilberto.

Tim bisbol DKI Jakarta membuka pertandingan PON XXI mereka dengan hasil kemenangan telak 23-0 saat melawan Bali.

Selanjutnya DKI Jakarta menantang tuan rumah Sumut dengan kedudukan akhir 20-0, serta melumat tim bisbol tuan rumah Aceh dengan skor 21-0 serta menang atas Banten dengan skor 9-2.

"Jadi memang ini yang selalu kami persiapkan, setiap pertandingan tetap kami anggap itu final, jadi supaya kami juga dapat tiket untuk ke super round dan semuanya harus kita memetik kemenangan," ujarnya.

Dalam dua sisa laga, DKI Jakarta akan menantang Jawa Barat pada Kamis (5/9) pukul 08.00 - 11.00 WIB serta melawan Lampung pada Sabtu (7/9) pukul 11.15 - 14.15 WIB.

Menurut Gilberto, Jawa Barat merupakan salah satu tim yang patut diantisipasi, sehingga mereka akan fokus menghadapi pertandingan tersebut untuk tetap menjaga torehan kemenangan seperti laga-laga sebelumnya.

"Besok akan berhadapan dengan Jawa Barat, dan ini juga yang harus kami antisipasi, salah satu (tim, red) terkuat dari peserta PON kali ini, kami tetap fokus harus memenangkan pertandingan," ujarnya.
Tim bisbol DKI Jakarta saat melakoni pertandingan babak penyisihan melawan Banten pada PON XXI Aceh-Sumut di Komplek Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Rabh (4/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)


Sebelumnya, Technical Delegate cabang olahraga bisbol PON XXI Yonatan Hibau L mengatakan pertandingan bisbol pada PON tahun ini menggunakan sistem setengah kompetisi sehingga semua tim akan bertanding.

“Saat ini masih berjalan babak penyisihan. Masih ada game yang perlu kita selesaikan dulu, setelah itu baru masuk super round, kemudian final,” ujarnya.

Hingga saat ini, setiap kontingen sedang menghabiskan pertandingan babak penyisihan, yang bertemu satu sama lain antara seluruh peserta pertandingan bisbol PON XXI Aceh - Sumut.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, cabang olahraga bisbol diikuti tujuh daerah, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Bali, Jawa Barat, Banten, Lampung, dan juara bertahan DKI Jakarta.

Baca juga: Tim bisbol DKI Jakarta tekuk Banten 9-2 pada babak penyisihan

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024