Medan (ANTARA) - Tim hoki indoor putra Papua menambah tiga poin setelah mengalahkan Jawa Tengah 6-4 dalam laga penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di Gedung Serba Guna Unimed, Kota Medan, Jumat.

Tim Papua sempat tertinggal di awal pertandingan setelah lawan menciptakan dua gol, masing-masing pada menit ke-5 dan ke-6 melalui Fajar Hendy Putra dan Benika Krista sehingga Jawa Tengah memimpin 2-0.

Jawa Tengah kembali merobek gawang Papua setelah Fajar Hendy Putra menambah satu gol pada menit ke-14 kuater kedua.

Ketinggalan tiga gol, anak asuh pelatih Matheus itu mencoba bangkit dengan melancarkan serangan demi serangan. Pada menit ke-17 dan ke-20, sang kapten Melkiaas Matia Numanderi berhasil mencetak dua gol pada kurter kedua untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3.

Tim yang sama-sama menurunkan skuad terbaiknya itu kemudian terlibat jual beli serangan. Tempo permainan meningkat pada kuater ketiga. Pada menit ke-21 Papua berhasil menyamakan kedudukan melalui Alfian Kurube menjadi 3-3.

Tidak berselang lama anak asuh pelatih Sisworo Ari Wibowo kembali unggul pada menit ke-24 melalui Fahri Akhid Mustsdi tetapi langsung dibalas oleh Jaconoas Roly Rumbiak pada menit ke-28 skor sehingga skor sementara kembali imbang 4-4 di kuarter ketiga.

Pada kuarter terakhir, tim Papua mencoba mendominasi permainan. Dengan teknik menyerang Papua memperlebar keunggulan pada menit ke-32 setelah Alfian Kurube mencetak dua gol yang sekaligus memastikan kemenangan pada laga tersebut.

Pelatih hoki putra Papua Matheus mengaku cukup puas dengan permainan anak-anak asuhnya yang telah tampil maksimal serta menunjukkan semangat untuk meraih kemenangan.

Baca juga: Hoki - Tim putri Sumut aku keunggulan Jawa Timur setelah kalah 1-6

"Di awal laga kita ketinggalan tiga angka. Tetapi anak-anak kembali bangkit untuk meraih kemenangan. Saya cukup puas," ujar Matheus.

Dia membeberkan kemenangan ini membuka peluang tim yang dipimpinnya melaju ke babak final pada cabang olahraga hoki indoor putra di PON 2024.

"Kalau kita menang lawan tim Banten dan seri lawan Jawa Barat kita final," kata dia.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sejumlah evaluasi demi menargetkan kemenangan di laga selanjutnya. "Saya juga akan minta anak-anak untuk fokus dan tidak bereuforia lebih," ujar dia.

Pada pertandingan sebelumnya, Papua meraih kemenangan 2-1 saat berhadapan dengan Sumatera Utara dan pada laga selanjutnya Papua kalah 0-6 dari Jawa Timur.

Dengan hasil tersebut, tim Papua berada di posisi kedua klasemen sementara dengan mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan.

Baca juga: Hoki indoor putri NTB petik kemenangan perdana kalahkan Lampung 3-0
Baca juga: Hoki putri Jabar memperlebar peluang ke babak final

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024