Kota Medan (ANTARA) -
Ketua Bidang Upacara Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara Mahfullah P Daulay mengatakan pembukaan PON 2024 di provinsi tersebut juga akan dilakukan dengan meriah, sebanding dengan upacara pembukaan di Aceh.
 
Ia membeberkan, pelaksanaan PON tahun ini merupakan hal yang bersejarah karena dilaksanakan di dua provinsi sekaligus, sehingga panitia tidak ingin kehilangan momentum untuk menyemarakkan pembukaan secara simbolis seperti di Aceh, pada Senin (9/9).
 
"Jadi untuk pembukaan di Stadion Baharuddin Siregar Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang," kata pria yang kerap disapa Ipunk itu dalam konferensi pers di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Hotel Santika, Medan, Jumat.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, kegiatan akan mengikuti jadwal seperti yang ada di Aceh dan di Sumut secara off air dimulai pukul 15.00 WIB, serta on air pada pukul 20.30 WIB atau serentak di dua provinsi.
 
Untuk melaksanakan kegiatan itu, panitia akan bekerja ekstra sebab butuh usaha lebih keras untuk menyelenggarakan dan berkoordinasi dengan panitia di Aceh.
 
Ipung menambahkan, pembukaan acara secara off air akan diisi dengan pertunjukan live musik untuk menghibur penonton.
 
Selain itu, kegiatan lucky draw atau permainan menarik juga dilakukan, guna memberikan hadiah menarik, seperti satu unit mobil, lima sepeda motor, kulkas, dan lainnya.
 
Ia mengungkapkan, kapasitas stadion yang bisa terpakai dan dipersiapkan panitia sebanyak 5.080 kursi untuk masyarakat, pejabat, dan tamu undangan.

Baca juga: Menko PMK sebut opening ceremony PON Aceh-Sumut 2024 siap digelar
 
Masyarakat diimbau untuk ikut meramaikan pembukaan kegiatan olahraga empat tahunan itu dan tidak perlu khawatir bila tidak memiliki tiket.
 
"Yang tidak mendapatkan tiket saat pembelian daring secara gratis melalui website pon2024.id, bisa menonton di luar stadion karena kami telah siapkan layar atau videotron yang besar," ujar pria yang juga Kasatpol PP Provinsi Sumatera Utara itu.
 
Kegiatan konferensi pers terkait persiapan kegiatan pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Media Center PON XXI di Hotel Santika, Medan, Jumat (6/9/2024). ANTARA/Donny Aditra
 
Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan acara, tambah Ipunk, panitia juga telah berkoordinasi dengan Polda Sumut, Polres Deli Serdang, TNI, dan pihak terkait untuk mewujudkan hal tersebut.
 
Pada PON tahun ini, upacara pembukaan dilaksanakan di Provinsi Aceh, yakni di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 9 September dan direncanakan dihadiri oleh Presiden Jokowi.
 
Sedangkan Sumatera Utara akan menjadi tempat untuk penutupan acara yang diselenggarakan di Stadion Utama Sport Center, Kabupaten Deli Serdang pada 20 September.
 
PON Aceh-Sumatera Utara 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial.
 
Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: KONI pastikan kegiatan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut sesuai jadwal
Baca juga: Menko PMK harap keberadaan arena PON XXI tunjang pembinaan atlet Aceh

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024