Banda Aceh (ANTARA) - Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA mengajak para peserta dan tamu PON XXI Aceh-Sumut yang berada di Aceh untuk mengeksplor ragam destinasi wisata hingga kuliner khas tanah rencong.

"Cabang olahraga yang dua hari sudah selesai, yang baru pertama kali datang ke Aceh, silahkan dieksplor Aceh ini," kata Safrizal ZA, di Banda Aceh, Jumat.

Kata dia, Aceh merupakan daerah yang kaya dengan keindahan alam, budaya hingga makanan khas, maka perlu di coba oleh semuanya.

"Coba keindahan alamnya mulai dari Sabang sampai ke Kabupaten Aceh Singkil (wisata bahari)," ujarnya.

Baca juga: Presiden perintahkan promosi wisata sekitar Aceh-Sumut jelang PON 2024

Kemudian, lanjut dia, masyarakat nusantara juga perlu mencoba ragam kuliner khas Aceh serta ikut membeli souvenir-souvenir khas daerah paling barat Indonesia ini.

Selain itu, tambah Safrizal, dalam perhelatan PON Aceh-Sumut di Aceh, nantinya juga banyak dilaksanakan panggung kebudayaan untuk dapat disaksikan bersama.

"Kuah Beulangong (kuliner khas) silahkan coba, kemudian coba silahkan kopi sanger nya. Budaya Aceh nanti akan dibuat panggung-panggung, silahkan ditonton," katanya.

Dalam kesempatan ini, dirinya berharap kepada masyarakat Aceh untuk benar-benar menyambut para tamu dengan baik dan nilai keramah-tamahan sesuai adat Aceh Peumulia Jamee (memuliakan tamu).

"Mudah-mudahan Aceh menyediakan hospitality yang nyaman dan memberikan kesan kepada para tamu dari seluruh Indonesia," demikian Safrizal ZA.

Baca juga: PON momentum perkenalkan wisata Sumut lebih mendalam

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024