Deli Serdang (ANTARA) - Ketua Harian Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Baharuddin Siagian menyampaikan kegiatan drum band berpotensi besar dimanfaatkan oleh daerah-daerah untuk memajukan wisata olahraga (sport tourism).

"Hari ini pemerintah juga selalu bagaimana mengolaborasikan antara sport dan turisme. Nah kalau ini sport dan turisme dimainkan dengan drum band ini luar biasa sekali," kata Baharuddin saat ditemui usai pertandingan Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 600 Meter Campuran di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Menurut dia, drum band memiliki potensi untuk memajukan wisata olahraga suatu daerah karena kegiatan yang merupakan kombinasi harmonis antara olahraga dan seni itu memiliki banyak penggemar. Hal tersebut, ucap dia melanjutkan, tampak dari banyaknya penonton yang menghadiri pertandingan drum band PON XXI/2024 di Stadion Madya Atletik.

"Tadi bisa kita lihat banyak penontonnya, banyak penggemarnya karena memang drum band ini ada olahraganya, ada art-nya, ada seni di situ sehingga memang ini bisa memancing animo masyarakat untuk menonton. Di samping hiburan, olahraganya ada. Ini kan suatu hal yang sangat baik," ucap dia.

Baca juga: PB PDBI: Drum band itu perpaduan harmonis olahraga dan seni

Ke depannya, Baharuddin yang juga merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatera Utara itu berharap drum band dapat menjadi ikon olahraga, mengingat tidak semua masyarakat memahami bahwa kegiatan tersebut juga termasuk dalam bidang olahraga.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) Marsma TNI Ronny Irianto Moningka telah menyampaikan bahwa drum band merupakan kegiatan perpaduan yang harmonis antara olahraga dan seni.

"Drumband itu ada fisik, ada art (seni) juga. Sebenarnya, ini olahraga yang sulit ini ya. Drum band mengombinasikan langkah dan musik bersatu. Jadi apa? Harmonis," kata Ronny.

Dengan demikian, kata dia melanjutkan, drum band yang membutuhkan kekuatan fisik itu pun menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada PON XXI/2024.

Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drum band. Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).

Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: PON 2024 diharapkan bikin cabang olahraga drum band semakin maju

Baca juga: Drum Band Jatim sumbang satu emas dari LBJP 400 meter putra

Baca juga: Aceh sabet medali emas drum band nomor LBJP 800 meter campuran

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024