Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengawali pagi Anda.

Pemohon uji materi UU nilai penting ada kotak kosong setiap pilkada

Pemohon uji materi Undang-Undang tentang Pilkada, Muhamad Raziv Barokah, menilai pentingnya menghadirkan kotak kosong di setiap wilayah dalam perhelatan Pilkada 2024, bukan hanya di wilayah dengan calon tunggal saja.

Ia berpendapat bahwa proses kandidasi yang telah terjadi dalam Pilkada 2024 sangat jauh dari prinsip-prinsip demokrasi, terutama prinsip kedaulatan berada di tangan rakyat.

“Sehingga kami merasa bahwa penting untuk memberikan kotak kosong di seluruh daerah. Kenapa? Karena kalau proses kandidasinya benar, kotak kosong enggak laku, orang enggak akan enggak milih, tetapi kalau prosesnya tidak benar, ya, kotak kosong akan laku atau laris, sehingga pemerintahan tidak akan bisa berjalan dengan baik,” kata Raziv dalam webinar yang disaksikan dari Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Polda Aceh rekayasa lalu lintas pada pembukaan PON XXI

Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh melakukan rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah jalan di seputaran Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, yang menjadi lokasi seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Minggu, mengatakan seremonial pembukaan pesta olahraga nasional tersebut dijadwalkan pada Senin (9/9) malam.

"Rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas tersebut diberlakukan pada Senin (9/9) mulai pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB atau selesainya upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Selengkapnya klik di sini.

Imigrasi Atambua tambah lima konter pelayanan di PLBN layani peziarah

Kantor Imigrasi Atambua di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT(, menambahkan lima konter pelayanan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain untuk melayani kurang lebih 1.000 peziarah yang melintas untuk menghadiri Misa Suci dipimpin Paus Fransiskus di Dili Timor Leste pada 10 September nanti.

“Normalnya hanya ada tiga konter pelayanan, kini kami tambah lagi lima konter, sehingga jadi delapan konter pelayanan,” kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana Dimyati di Atambua, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Sahroni raih gelar Doktor Ilmu Hukum dengan disertasi soal korupsi

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Borobudur, Jakarta, dengan disertasi berjudul "Pemberantasan Korupsi melalui Prinsip Ultimum Remedium: Suatu Strategi Pengembalian Keuangan Negara".

Dia meraih gelar tersebut setelah menjalani sidang terbuka program doktoral di universitas tersebut pada Minggu. Sidang itu pun dihadiri oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, sejumlah pimpinan Komisi III DPR RI, hingga tokoh politisi.

"Dinyatakan lulus ujian doktor program ilmu hukum dengan predikat lulusan cumlaude," kata Rektor Universitas Borobudur Prof Bambang Bernanthos sebagai ketua penguji.

Selengkapnya klik di sini.

Komisi III: Pelanggaran Nurul Ghufron jadi catatan seleksi capim KPK

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan putusan pelanggaran kode etik terhadap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron bakal menjadi catatan bagi pihaknya dalam seleksi calon pimpinan (capim) KPK.

Adapun DPR melalui Komisi III nantinya bakal menyeleksi para capim KPK untuk tahap akhir sebelum dilantik oleh presiden. Nurul Ghufron pun diketahui maju kembali menjadi salah satu peserta seleksi capim KPK untuk periode 2024-2029.

"Nanti itu jadi catatan," kata Sahroni usai mengikuti sidang doktor di Universitas Borobudur Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024