Banda Aceh (ANTARA) - Tim korfball tuan rumah Aceh berhasil tampil memukau pada dua laga hari pertama ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, dengan menekuk DIY Yogyakarta skor 10-7 dan Kalimantan Timur dengan skor 12-10 di Lapangan GOR Merah Putih, Kota Sabang.

Pelatih Tim Korfball Aceh Khalif Akbar, Selasa, mengatakan kemenangan dua laga pada hari pertama Senin (9/9) dengan nomor pertandingan K4 dua keranjang (korf) tersebut menjadi modal yang sangat penting untuk membangkitkan motivasi tim dalam menghadapi babak selanjutnya.

“Alhamdulillah hasilnya yang terbaik, mendapat kemenangan. Walaupun pertandingan sengit, dengan DIY dan Kaltim juga sangat bagus, dan kita memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada,” ujarnya saat dihubungi dari Banda Aceh.

Akbar menjelaskan, pada laga awal saat lawan DIY Yogyakarta, anak asuhannya tampil sedikit sedikit gugup. Menurutnya hal tersebut wajar, karena pengaruh psikologi mengingat baru pertama sekali tampil pada ajang sebesar PON.

“Jadi anak - anak di kuarter pertama dan kedua sedikit nervous, tapi di kuarter ketiga dan keempat sudah bisa mengatasinya dan fokus lagi di lapangan,” ujarnya.

Sementara pada laga kedua saat melawan Kalimantan Timur, menurut Akbar, kondisi fisik yang terkuras membuat intensitas permainan Aceh menurun. Kendati demikian, tim Tanah Rencong itu berhasil bangkit, dan memanfaatkan beberapa kesalahan Kalimantan Timur untuk mencetak skor.

Kata Akbar, pertandingan kedua tim berlangsung seru. Mereka saling jual beli serangan, hanya saja Aceh beruntung. Beberapa kali tembakan Kaltim tidak berhasil membuahkan poin, dengan kedudukan akhir skor 12-10 kemenangan tuan rumah Aceh.

“Saat Aceh lawan Kaltim, anak-anak agak sedikit terkuras tenaganya karena main di pagi dan bermain di siang hari lagi. Cuma sama kita tetap fokus, kita memanfaatkan kesalahan kecil dari Kaltim,” ujarnya.

Pada hari ini, lanjut Akbar, tim debutan Tanah Rencong itu akan menghadapi Jawa Tengah untuk perebutan juara pool B, sekaligus untuk memastikan tiket ke semi final dengan poin penuh.

“Mudah-mudahan anak-anak stamina masih terjaga, tetap fokus, semoga kita menang dan bisa mengambil juara pool,” ujarnya.

Sebelumnya, Technical Delegate menyebut debut perdana cabang olahraga korfball pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara melombakan tiga nomor pertandingan yang berlangsung mulai 9-16 September 2024 di GOR Merah Putih, Kota Sabang.

“Untuk PON XXI ini yang dipertandingkan tiga nomor yaitu korfball 4 satu tiang (korf), korfball 4 dua tiang, dan korfball 8,” kata Technical Delegate korfball PON XXI Aceh-Sumut Adelaida Koraag.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Baca juga: Korfball pertandingkan tiga nomor pada debut perdana PON XXI

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024